Ketua Koorcab Persit Korem 162/WB "Belajar" Menenun Muna Pa'a

Kategori Berita

.

Ketua Koorcab Persit Korem 162/WB "Belajar" Menenun Muna Pa'a

Koran lensa pos
Minggu, 06 Agustus 2023

 

Ketua Koorcab Persit KCK Korem 162/WB belajar menenun kain muna pa'a di Makodim 1614/Dompu, Sabtu (5/8/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Danrem 162/WB, Brigjen Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P bersama Ny. Lisna Suniar melakukan Kunjungan Kerja perdana di Kodim 1614/Dompu.

Pada momen tersebut, Ny. Lisna Agus menyempatkan untuk meninjau produk -produk lokal dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Dompu yang telah disiapkan di halaman parkir Makodim 1614/Dompu. Salah satu produk industri yang menarik perhatian Ketua Koorcab Persit Kartika Chandra Kirana tersebut adalah tenunan khas Muna Pa'a.

Di lokasi tersebut tampak Rahmawati dari Kerajinan Tangan Melati sedang menenun kain Muna Pa'a. Rahma terlihat mahir menggunakan peralatan tenunan tradisional itu.
Ibu Lisna yang didampingi Ketua Persit KCK XXVII Cabang Dompu, Ny. Astrini Dewi Anindita langsung meminta izin untuk belajar menenun kain khas tersebut.

Tentu saja Rahma dengan senang hati memberikan kesempatan kepada ibu Lisna untuk mencoba menggunakan peralatan tenun itu. 

Rahma mengajari mulai dari cara duduk yang tepat. Kemudian memasang sebilah kayu berukuran panjang sekitar satu meter di belakang badan. Diajari pula teknik pemasangan alat tenunan yang telah disiapkan di depan agar benang satu per satu bisa menyatu.

"Ternyata susah ya. Mungkin lima tahun saya buat baru selesai," ucap Ny. Lisna sembari tertawa.

Rahmawati bercerita ia belajar menenun sejak masih kecil. 

"Saya belajar tenun sejak masih SD," aku wanita berusia sekitar 40 tahun itu.

Ia mengaku selembar kain tenun bisa diselesaikan dalam waktu dua hari. (emo).