Kreatif ! Danramil 1614-06/Manggelewa Bersama Anggota, Kreatif Manfaatkan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan

Kategori Berita

.

Kreatif ! Danramil 1614-06/Manggelewa Bersama Anggota, Kreatif Manfaatkan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan

Koran lensa pos
Sabtu, 29 Juli 2023

 

Pemanfaatan lahan kosong di belakang Markas Koramil 1614-06/Manggelewa


Dompu, koranlensapos.com - Danramil 1614-06/Manggelewa, Lettu Inf Syaifuddin bersama Anggota melaksanakan program ketahanan pangan. Danramil bersama anggota kreatif memanfaatkan lahan tidur di belakang Markas Koramil untuk ditanami aneka palawija.


"Walau luas lahan hanya sekitar lebih kurang 2 Are, tetapi hampir semua tanaman ada dan komplit seperti jagung, singkong, ubi jalar.
Ada juga jenis tanaman lain berupa sayur-sayuran seperti kacang panjang, ketimun, labu, pare, cabe, katuk, pepaya dan juga kelor," ungkap Danramil.

Dikatakannya penanaman di lahan kosong yang tidak terlalu luas ini dijadikan sebagai percontohan untuk memotivasi para anggota dan masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangan dengan sebaik-baiknya untuk ditanami tanaman yang dapat diambil manfaatnya. 

Danramil menambahkan, sebagai bocoran ilmu, tehnik pengolahan lahan dan  pemupukan serba manual dan alami. 

"Pemupukan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, cukup kita gunakan bahan organik yang ada di sekitar," ucapnya.

Kreativitas Danramil 06/Manggelewa bersama anggota ini diapresiasi pula oleh Ba Urdal Kodim 1614/Dompu, Serma Sakarudin. 

"Ini kreativitas yang luar biasa dan patut dicontoh. Lahan kosong dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan untuk mengisi waktu-waktu senggang," pungkasnya. (emo).