Arahan Babinsa Daha, Tingkatkan Semangat Kebersamaan dan Kekompakan

Kategori Berita

.

Arahan Babinsa Daha, Tingkatkan Semangat Kebersamaan dan Kekompakan

Koran lensa pos
Rabu, 10 Mei 2023

 

Suasana keakraban antara Babinsa Desa Daha, Serda Maulana bersama para tokoh muda di wilayah binaan, wujud kemanunggalan TNI dan rakyat



Dompu, koranlensapos.com - Perkembangan zaman yang semakin maju sedikit demi sedikit menggerus nilai-nilai kebersamaan dan kekompakan yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat. Semua orang sibuk dengan gadget sehingga terkadang abai dengan kondisi sekitar. Budaya sosial meluntur, tergantikan oleh sikap individual. Kondisi ini bukan hanya terjadi di wilayah perkotaan, melainkan juga telah merambah ke kawasan perdesaan.

Bila tidak disadari bersama, maka semakin lama nilai-nilai sosial akan punah. Masyarakat tidak lagi mengenal semangat kegotongroyongan, kebersamaan dan kekompakan yang telah ditanamkan dan diwariskan oleh nenek moyang sejak dulu.

Babinsa Desa Daha Koramil 1614-03/Hu'u Kodim 1614/Dompu, Serda Maulana dalam berbagai kesempatan kerap mengangkat persoalan ini. Termasuk saat melaksanakan Komsos bersama warga binaan di Dusun Tolo Rodi pada Senin.(8/5/2023) pukul 09
00 Wita kemarin.

Babinsa menekankan kepada warga binaannya untuk menjaga bahkan meningkatkan semangat kebersamaan dan kekompakan yang masih terjalin dengan baik di tengah masyarakat Daha selama ini.

"Ketika ada tetangga dan kerabat kita punya hajatan, mari kita dengan sukarela mengulurkan bantuan seperti yang selalu disampaikan oleh orang-orang tua kita dulu," imbaunya.

Babinsa Daha ini menegaskan budaya gotong royong dalam kehidupan sosial harus selalu terpateri dalam setiap pribadi masing-masing anggota masyarakat.

"Apalagi ajaran agama kita menekankan sekali masalah ini. Kita supaya saling membantu dalam kebaikan dan takwa. Tetapi kita tidak boleh saling membantu atas perbuatan dosa (melanggar hukum) dan permusuhan," jelasnya.

Dikatakannya dalam kehidupan bermasyarakat kerap ada hajatan pernikahan, sunatan, maupun lainnya, maka semangat kebersamaan harus tetap terbina dengan baik untuk saling membantu bahkan harus lebih ditingkatkan lagi.

"Kemajuan teknologi saat ini justru harus dimanfaatkan untuk semakin memperkuat ikatan silaturahmi dan kebersamaan," tandasnya. (emo).