Tim Pengamat Hilal DPW LDII NTB, Ambil Bagian Penentuan 1 Syawal 1444 H

Kategori Berita

.

Tim Pengamat Hilal DPW LDII NTB, Ambil Bagian Penentuan 1 Syawal 1444 H

Koran lensa pos
Jumat, 21 April 2023

 

Mataram, Lensa Pos NTB - Penentuan 1 Syawal 1444 H di wilayah Nusa Tenggara Barat dilakukan di titik yang sudah ditentukan Kementerian Agama, yakni Lokasi Taman Makam Loang Baloq Kelurahan Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram.


Hasil pengamatan Rukyatul hilal DPW LDII NTB bersama BMKG yang juga dihadiri Jajaran Kementerian Agama Provinsi NTB, pada hari Kamis (20/4/2023) pukul 12.15.47 WITA. Posisi Hilal di Utara matahari (miring ke Utara),  cahaya hilal 0,082 %, tinggi Hilal Mar'i 1"2'39.37" diatas ufuq, tinggi Hilal Hakiki 1"54'54.94" diatas ufuq.


Ketua Bidang Agama dan Dakwah DPW LDII NTB, Amiril Juaini, SP saat diwawancarai menjelaskan, LDII tahun ini juga mulai ikut ambil bagian pemantauan hilal, sesuai dengan wilayah yang menjadi titik pantau. Tim Pengamatan Hilal DPW LDII NTB, tambahnya, bergabung bersama Tim Rukyat dari kemenag dengan bantuan alat dan petugas BMKG, bersama-sama mengamati hilal penentuan 1 syawal di titik pengamatan pantai Loang baloq Sekarbela Ampenan.


Hasil pemantauan Kamis siang kemarin,
bahwa Hilal belum bisa dilihat. Insya Alloh besok (hari ini, red) kita masih puasa. Bulan Ramadhan masih beri kesempatan kita untuk perbanyak mencari pahala dan mohon ampun kepada Allah, mumpung masih ada kesempatan, ungkapnya.


Sementara itu, Ketua DPW LDII NTB, Ir. Abdullah Karim, M.Si menyampaikan rasa syukur dan mengucapkan selamat kepada umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1444 H, semoga kita bisa menjumpai puasa ditahun berikutnya, ” ujarnya.


Abdullah Karim juga mengapresiasi kinerja Tim Rukyatul Hilal DPW LDII NTB yang mulai ikut kegiatan pengamatan Hilal tahun ini. “Kami berharap agar Tim Rukyatul Hilal bisa terus berkontribusi dalam pengamatan Hilal, baik dalam penentuan awal ramadhan maupun 1 syawal, harapnya. (SUKUR)