Pemberdayaan UMKM, Pemkab Dompu Bermitra dengan Pengusaha Retail Modern

Kategori Berita

.

Pemberdayaan UMKM, Pemkab Dompu Bermitra dengan Pengusaha Retail Modern

Koran lensa pos
Rabu, 12 April 2023

   

Penandatanganan komitmen bersama Pemkab Dompu dan para pengusaha retail modern dalam pengembangan produk lokal melalui pemberdayaan UMKM. Kegiatan dimaksud digelar usai Upacara Hari Jadi Kabupaten Dompu ke 208, Selasa (11/4/2023) di lokasi Bazaar di halaman Kantor Pemda Dompu


Dompu, koranlensapos.com - Dalam rangka pengembangan produk lokal dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Dompu, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Dinas Koperasi dan UKM menjalin kemitraan dengan para pengusaha retail modern di Kabupaten Dompu.


Komitmen kemitraan itu tertuang dalam nota kesepakatan bersama yang ditandatangani Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan pengusaha retail modern usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Dompu ke 208 pada Selasa (11/4/2023) kemarin di Halaman Depan Kantor Bupati Dompu.



Hadir dalam acara tersebut, Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, Anggota Forkompimda, Ketua DPRD Andi Bachtiar, A.Md.Par, Sekda Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Ketua TP. PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, serta sejumlah pimpinan OPD. 



Kadis Koperasi dan UKM, Hj. Daryati Kustilawati menyebut retail modern dimaksud diharapkan mendukung pengembangan produk lokal melalui pemberdayaan UMKM. 



Dijelaskan Umi Yat, sapaan Kadiskop UKM tersebut, bahwa kemitraan dengan retail modern dihajatkan untuk 5 (lima) hal. Yakni meningkatkan produktivitas wirausahawan dalam pengembangan produk lokal daerah melalui pemberdayaan UMKM, meningkatkan nilai jual dan daya saing produk lokal daerah, meningkatkan hubungan kemitraan antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha dalam rangka mendukung pengembangan UMKM, meningkatkan partisipasi pengusaha dan masyarakat dalam pengembangan produk lokal daerah; dan memfasilitasi UMKM dalam pengembangan produk lokal daerah.

“Akan banyak hal yang dirasakan manfaatnya oleh para pelaku usaha khususnya bagi para pelaku usaha baru di daerah ini dengan adanya kemitraan ini," jelasnya. 

Di akhir keterangannya Umi Yat menyampaikan harapan ke depan akan tumbuh semangat berwirausaha masyarakat sebagai cikal bakal hadirnya pelaku usaha baru yang tangguh dan produktif.

“Dengan upaya dimaksud dapat menjadi perangsang tumbuhnya semangat berusaha masyarakat menuju kemandirian, ketangguhan dan produktif dalam usaha dan juga mendorong terwujudnya Visi Dompu Mashur”, harapnya. (emo).