Sisi Positif Perhelatan PORPROV XI NTB 2023

Kategori Berita

.

Sisi Positif Perhelatan PORPROV XI NTB 2023

Koran lensa pos
Rabu, 01 Maret 2023

 

Taufik M. Nor*



PORPROV ke XI Nusa Tenggara Barat tahun 2023 telah usai dengan sukses dan aman. Kota Mataram sebagai tuan rumah memang luar biasa karena telah sukses sebagai penyelenggara tanpa hambatan, rintangan dan juga tanpa insiden yang berarti. SELAMAT ...!!! 

Perhelatan olahraga seperti ini sangat penting. Di samping sebagai sarana adu prestasi dan mengukur kemampuan diri hasil latihan dari masing-masing atlet utusan, perhelatan olahraga juga merupakan hiburan gratis bagi masyarakat. Baik masyarakat pecinta olahraga itu sendiri maupun masyarakat umum yang haus akan hiburan.

Banyaknya penonton yang hadir merupakan berkah tersendiri. Menjadi peluang bagi pelaku bisnis, baik bisnis transportasi, pedagang kuliner, villa /hotel, toko busana, toko sepatu sampai souvernir. Bahkan pedagang asongan pun tak ketinggalan. Semua ketiban berkah karena dapat pasar baru tempat menjajakan bisnis mereka.

Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa perhelatan seperti ini sangat penting untuk diadakan. Karena perhelatan olahraga juga adalah peluang bisnis yang bisa menopang ekonomi masyarakat. Lebih-lebih menopang perekonomian masyarakat kita pasca Covid 19 kemarin yang telah meluluhlantakkan sendi-sendi ekonomi kita semua.
Dengan hadirnya even seperti ini sangat membantu membangkitkan kembali dan menggairahkan lagi bisnis-bisnis UMKM kita.


Even-even olahraga seperti ini akan lebih baik lagi bila dengan merotasi tempat pelaksanaannya ke setiap daerah.
PERTAMA, karena akan sangat membantu memotivasi percepatan pembangunan daerah yang akan jadi tuan rumah . Mau tidak mau suka tidak suka sebagai tuan rumah harus menyediakan sarana dan prasarana olahraga sebagai tempat berlaganya para Atlet nantinya .

KEDUA tentu alasannya untuk menggairahkan kembali pertumbuhan Ekonomi. Daerah yang mendapat giliran tentu akan menggenjot pembangunan-pembangunan seperti: stadion, kolam renang dan sarana olahraga lain sebagai sarana pendukung pertandingan. Juga sarana akomodasi seperti hotel dan tempat penginapan atlet . Demikian juga pasar-pasar penyedia kebutuhan selama even berlangsung akan ikut bergairah untuk menyiapkan diri.

OLAHRAGA sangatlah penting bagi tubuh. Pepatah mengatakan "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa dan pikiran yang sehat pula"

Bertanding olahraga juga menghadirkan rasa saling respek antar anggota tim,  kekompakan sesama tim,  saling asah, saling asuh, dan saling asih. Tentunya menumbuhkan jiwa korsa dan persatuan yang kokoh kuat dengan rasa percaya diri dan sportivitas tinggi. 

Membangun olahraga sama dengan membangun manusia Indonesia seutuhnya yang sehat jiwa dan raga, melahirkan Ksatria yang ADIGUNG, tanggap tanggon dan trengginas. Yang dengan sendirinya kelak akan mengisi pembangunan ini dengan karakter dan sifat bawaan dari hasil tempaan latihan olahraga seperti yang saya ceritakan di atas .
Untuk itu mari tingkakan pembangunan olahraga agar lahir talenta-talenta hebat dan manusia-manusia SEHAT JUJUR dan SPORTIF .
Melalui olahraga kita akan memupuk jiwa persatuan dan kesatuan. 
Melalui olahraga akan menepis kesenjangan antara anak bangsa. Melalui olahraga kita akan berdamai dengan PERBEDAAN.
Salam OLAHRAGA
Mari Memasyarakatkan OLAHRAGA.

*Penulis adalah Ketua PKN Provinsi NTB