Perpustakaan Umum Dompu Kini Ramai Pengunjung, Fasilitas Memadai

Kategori Berita

.

Perpustakaan Umum Dompu Kini Ramai Pengunjung, Fasilitas Memadai

Koran lensa pos
Rabu, 22 Februari 2023

 

Kegiatan kunjungan para pelajar di perpustakaan umum Dompu, Rabu (22/2/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Perpustakaan Umum Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Dompu kini ramai pengunjung.


Pantauan langsung media ini pada Rabu (22/2/2023) tampak belasan pelajar SMKN 1 Dompu sedang mengunjungi perpustakaan tersebut guna membaca bahkan meminjam buku. Kabid Layanan, Zaenab, S. Sos bersama para staf di ruangan lantai dua tersebut terlihat sibuk melayani para pengunjung.

Sekitar pukul 13.30 Wita, sejumlah pelajar dari SMAN 1 Dompu juga melakukan kunjungan perpustakaan umum yang berjarak hanya sekitar 500 meter dari sekolah mereka.

Mengenai meningkatnya kunjungan  para pelajar di Perpustakaan Umum Dompu itu diakui pula oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Dompu, Muhammad Ali, SE. Ia mengatakan setiap hari belasan bahkan puluhan pelajar mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku. Mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai SMA/SMK sederajat, mahasiswa dan masyarakat umum.

"Alhamdulillah setiap hari kerja selalu ramai kunjungan anak-anak sekolah bahkan bersama guru pembimbing," ujarnya.

Lebih lanjut mantan Sekretaris DPMPD Kabupaten Dompu ini menyampaikan bahwa sarana dan prasarana pendukung bagi minat baca di perpustakaan umum Dompu saat ini sudah cukup memadai. Pada tahun 2022 lalu mendapatkan alokasi bantuan pengadaan meja dan kursi dari Dana Alokasi Umum APBN. 

"Para pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum dipersilakan untuk mengunjungi perpustakaan setiap hari kerja," ajaknya.

Ia berharap semoga ke depan pemerintah mengalokasikan pendanaan untuk pengadaan koleksi buku-buku baru guna mengimbangi besarnya animo masyarakat mengunjungi perpustakaan saat ini.


Layanan perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Dompu. Tampak anak-anak di SDN 35 Dompu sedang asyik membaca buku perpustakaan keliling pada hari Rabu (22/2/2023)


Di samping pelayanan di perpustakaan umum, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Dompu juga memberikan layanan perpustakaan keliling setiap hari kerja. (emo).