Tindaklanjuti Program Prioritas Walikota Bima, Camat Mpunda Gelar Sosialisasi Penurunan Angka Stunting di 10 Kelurahan.

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Tindaklanjuti Program Prioritas Walikota Bima, Camat Mpunda Gelar Sosialisasi Penurunan Angka Stunting di 10 Kelurahan.

Koran lensa pos
Selasa, 13 Desember 2022

 

Sosialisasi di Kelurahan Mande (13/12/2022)


Kota Bima, Lensa Pos NTB - Strategi nasional percepatan penurunan stunting harus benar-benar dijalankan oleh seluruh pemangku kepentingan agar target penurunan angka stunting nasional bisa segera tercapai.

Sosialisasi di Kelurahan Manggemaci (12/12/2022)

Pemerintah telah menetapkan stunting sebagai isu prioritas nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dengan target penurunan yang signifikan. Strategi penurunan angka stunting juga sudah ditetapkan dalam strategi nasional percepatan penurunan stunting sesuai PP No 72 Tahun 2021.

Sosialisasi di Kelurahan Santi (7/12/2022)

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis dan membuat ukuran tubuh anak terlalu pendek dibandingkan teman-teman seusianya.

Sosialisasi di Kelurahan Penatoi (6/12/2022)

Camat Mpunda, Ir. Maaruf saat membuka resmi sosialisasi penurunan angka Stunting di Kelurahan Mande, tadi pagi Selasa (13/12/2022). Hadir pula Kepala Puskesmas Mpunda, Lurah Mande, Danposramil, Ketua LPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RT/RW dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Mande. 

Sosialisasi di Kelurahan Monggonao (8/12/2022)

Camat Mpunda, Ir. Maaruf dalam sambutannya menjelaskan, bahwa kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti program prioritas Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE sesuai PP No. 72 tahun 2021, yang merencanakan penurunan angka stunting di Kota Bima pada angka 9 % bahkan dibawah itu di Tahun 2023. 


Untuk itu, Pemerintah Kecamatan Mpunda telah menjadwalkan pelaksanaan sosialisasi penurunan angka Stunting di 10 Kelurahan se Kecamatan Mpunda, yakni Kelurahan Penatoi pada Selasa 6 Desember 2022, Kelurahan Santi hari Rabu 7 Desember 2022, Kelurahan Monggonao Kamis 8 Desember 2022, Kelurahan Manggemaci Senin 12 Desember 2022, Kelurahan Mande Selasa 13 Desember 2022, Kelurahan Sadia Senin 19 Desember 2022, Kelurahan Panggi hari Selasa 20 Desember 2022, Kelurahan Sambinae hari Kamis 22 Desember 2022, Kelurahan Matakando hari Senin 26 Desember 2022 dan Kelurahan Lewirato hari Kamis 29 Desember 2022. 


Menurut Camat, ada Beberapa objek yang harus kita jadikan focus yaitu Pencegahan pernikahan dini guna mengurangi angka penurunan stunting, Pencegahan stunting dengan memaksimalkan pola asuh anak dalam keluarga, Pengoptimalan peran kader dalam usaha pencegahan dan penanganan stunting, Penambahan pengetahuan tentang stunting, Usaha peningkatan gizi. "Ucapnya"


"Tujuan pertemuan ini adalah untuk menguatkan sinergi dan kepedulian tim percepatan penurunan stunting dalam rangka koordinasi dan evaluasi terhadap stunting kompetensi yang dilaksanakan oleh OPD terkait baik secara serentak, terprogram maupun lintas sektor"Jelasnya.


Semoga dengan adanya kegiatan ini semakin memupuk serta menguatkan semangat sebagai tim penurunan stunting sehingga menghasilkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani serta bisa bermanfaat bagi masyarakat, tutupnya. (TIM)