Investigasi Usai Laga Argentina Vs Belanda, FIFA Bakal Jatuhkan Sanksi Absen Bagi Messi di Semifinal Piala Dunia 2022 ?

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Investigasi Usai Laga Argentina Vs Belanda, FIFA Bakal Jatuhkan Sanksi Absen Bagi Messi di Semifinal Piala Dunia 2022 ?

Koran lensa pos
Senin, 12 Desember 2022

 




Bintang Argentina, Lionel Messi, dan sejumlah pemain timnas Argentina lainnya, terancam bakal absen di semifinal Piala Dunia 2022 saat melawan Kroasia, Rabu (14/12) dini hari WIB nanti, setelah FIFA melakukan investigasi terkait pelanggaran saat melawan Belanda.

Dikutip dari suarapembaharuan.com, FIFA diketahui telah membuka proses investigasi untuk dua potensi pelanggaran Kode Disiplin dalam duel perempat final piala dunia 2022. Adapun duel antara Belanda dan Argentina berlangsung panas.

Wasit asal Spanyol Antonio Mateu Lahoz bahkan harus mengeluarkan 18 kartu kuning untuk kedua pemain. Ini merupakan rekor untuk pertandingan di Piala Dunia.

Laga Argentina vs Belanda berlangsung dengan panas. Wasit asal Spanyol Antonio Mateu Lahoz harus mengeluarkan 18 kartu kuning untuk kedua pemain, yang merupakan rekor untuk pertandingan Piala Dunia.

Selain insiden Leandro Paredes yang menendang bola ke arah bench Belanda, Messi dan Emiliano Martinez juga disebut melakukan pelanggaran karena mengkritik wasit Lahoz. Messi juga sempat bersitegang dengan ofisial pelatih timnas Belanda, termasuk Louis van Gaal dan Edgar Davids.

"Komite Disiplin FIFA telah membuka proses investigasi terhadap Asosiasi Sepak Bola Argentina karena potensi pelanggaran pasal 12 Pelanggaran pemain dan ofisial dan 16 Ketertiban dan keamanan di pertandingan dari Kode Disiplin FIFA selama pertandingan Belanda vs Argentina yang berlangsung pada 9 Desember. Selain itu Komite Disiplin FIFA telah membuka proses investigasi terhadap Asosiasi Sepak Bola Belanda karena potensi pelanggaran pasal 12 Kode Disiplin FIFA sehubungan dengan pertandingan yang sama" demikian isi pernyataan resmi FIFA.

Messi mengkritik keputusan FIFA saat menunjuk Lahoz sebagai wasit utama pada laga Argentina melawan Belanda, karena dikenal punya rekam jejak buruk. La Pulga berharap Lahoz tidak digunakan lagi di Piala Dunia 2022. Kekesalan Messi muncul setelah wasit Lahoz memberi perpanjangan waktu hingga 10 menit. Belanda kemudian menyamakan kedudukan 2-2 di menit ke-11.

"Pertandingan ini seharusnya berakhir (90 menit). Saya tidak mau bicara soal wasit, karena itu akan membuat Anda dihukum, tapi orang-orang melihat apa yang terjadi. Sejak awal kami takut, karena kami tahu bagaimana Lahoz dan saya pikir FIFA harus mengevaluasi hal ini, FIFA tidak bisa menaruh wasit seperti ini di pertandingan penting," ujar Messi.

Messi dan Paredes sudah mendapat kartu kuning pada laga melawan Belanda. Peraturan Piala Dunia 2022 menyebut kartu kuning di perempat final akan dihapus di semifinal, namun dengan investigasi FIFA, Messi, Paredes, dan Martinez berpeluang absen karena sanksi.

Dikutip dari sport.detik.com
Laga Perempatfinal Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB itu, berlangsung sengit dan seru. Bahkan wasit Antonio Mateu Lahoz harus mengeluarkan 17 kartu kuning dan satu kartu merah untuk Denzel Dumfries

Itu merupakan rekor yang tercipta di sebuah pertandingan Piala Dunia. Bahkan para pemain sempat terlibat friksi kecil saat dan sesudah pertandingan.


Lionel Messi yang biasanya kalem saja sampai kena kartu kuning, dan ribut-ribut dengan pemain Belanda Wout Weghorst di lorong ganti, sehingga memicu emosi pemain lainnya.

Argentina akhirnya menang adu penalti dengan skor 3-2. Meski lolos, Tim Tango tidak bisa bernapas lega dulu karena aksi tak terpuji para pemainnya masuk dalam laporan pertandingan.

Menurut AP, FIFA bakal menyelidiki kasus tersebut karena ada potensi pelanggaran disiplin dari para pemain kedua negara.


Sebab, jika satu tim mendapat lima kartu kuning atau lebih, maka akan didenda oleh FIFA. Kemungkinan FIFA hanya akan menjatuhkan hukuman tersebut, tanpa adanya skorsing.

Besaran denda di angka 15 ribu franc Swiss atau sekitar Rp 250 juta untuk masing-masing, Argentina dan Belanda. Namun, Argentina kabarnya bakal didenda lebih besar karena provokasi para pemainnya, termasuk Messi.

Messi melakukan selebrasi yang bernada mengejek ke bench Belanda dan sempat bersitegang dengan Louis van Gaal di akhir laga.

Sementara, Leandro Paredes dan Nicolas Otamendi melakukan selebrasi provokasi ke arah pemain Belanda yang tertunduk lesu usai memenangi adu penalti.

Argentina akan menghadapi Kroasia pada Semifinal Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.