Hasil Operasi Kontigensi Bencana, Polres Dompu Dapati Ratusan Rumah Terendam Banjir Luapan, Ini Datanya

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Hasil Operasi Kontigensi Bencana, Polres Dompu Dapati Ratusan Rumah Terendam Banjir Luapan, Ini Datanya

Koran lensa pos
Minggu, 18 Desember 2022

 

Anggota kepolisian Polres Dompi membantu warga membersihkan lokasi belas terendam banjir, Sabtu sore (17/12/2022)



Dompu, koranlensapos.com - Gerakan antisipasi bencana dalam bentuk Operasi Kontigensi Kebencanaan, jajaran Polres Dompu berhasil mengidentifikasi ratusan rumah yang terendam banjir akibat terjadinya Luapan Sungai Laju, Kecamatan Dompu, Sabtu (17/12/2022) sore sekira pukul 16.00 hingga pukul 20.00 Wita.

Dikabarkan, luapan banjir yang terjadi di jalur sungai tersebut disebabkan tingginya curah hujan dan terhimpun di aliran sungai terutama di wilayah Rora Kabupaten Bima, luapan air sungai Silo, juga ditambah sungai Saneo, Kecamatan Dompu. 

Sebelumnya, Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., mengeluarkan instruksi pada seluruh jajaran tingkat Polsek untuk meningkatkan kewaspadaan kemudian segera mengambil tindakan pencegahan.

Alhasil, tampak ratusan rumah di wilayah Kecamatan Dompu sekaligus Kecamatan Woja menerima tumpukan material sampah yang dibawa banjir. Belum lagi rumah di bantaran sungai tersebut dan ketinggian banjir diperkirakan ± 30cm serta memaksa warga untuk segera mengamankan barang mereka dan mengungsi ke tempat yang aman. 

"Sejauh ini tidak ada korban jiwa ataupun rumah warga yang rusak, namun untuk kerugian materi sementara masih didatakan oleh pihak Pemerintah Kelurahan Desa Setempat," tutur Kapolres melalui pesan singkat usai menerima laporan dari jajaran sektor Dompu dan Woja.

Berikut data sementara rumah yang terendam banjir yang berhasil dihimpun anggota saat Operasi Kontigensi Kenencanaan berlangsung sore tadi.

*Kecamatan Dompu*

1. Kelurahan Potu, Lingkungan Rasabou : 14 rumah

2. Kelurahan Potu, Lingkungan Magenda : 17 Rumah

3. Kelurahan Bada, Lingkungan Kota Baru: 13 rumah

4. Kelurahan Bada, Lingkungan Mantro : 30 rumah 

*Kecamatan Woja*

1. Kelurahan Simpasai

- Lingkungan Manggemaci, terdapat sekitar 43 unit rumah terdampak banjir.

- Lingkungan Bali Dua, terdapat sekitar 18 unit rumah terdampak banjir.

2. Kelurahan Kandai Dua

- Lingkungan Polo terdapat sekitar 17 unit rumah terdampak banjir.

- Lingkungan Kandai Dua Timur, terdapat sekitar 20 unit rumah terdampak banjir.

3. Desa Wawonduru

- Dusun Maria, terdapat sekitar 40 unit rumah terdampak banjir. 

- Wawonduru Barat, terdapat sekitar 20 unit rumah terdampak banjir.

- Dusun Ratobaka, terdapat sekitar 95 unit rumah terdampak banjir.

4. Kelurahan Monta baru 

- Lingkungan 6 terdapat 12 unit rumah terdampak banjir.

Dilaporkan pula, hingga pukul 19.50 wita air sungai sudah mulai surut dan sebagian warga mulai membersihkan rumahnya masing-masing.

Sejauh ini, Kapolres telah mengingatkan dimungkinkan terjadinya luapan air di bantaran sungai laju kembali akibat kiriman. Untuk itu, diminta pada seluruh jajaran Polres Dompu, terutama di Wilayah Sektor terdampak, agar siaga dan terus koordinasi dengan instansi terkait.

Di samping itu, terhadap seluruh anggota Bhabinkamtibmas masing-masing Desa dan Kelurahan tetap memonitor perkembangan situasi apabila terjadi luapan air sungai agar bisa sesegera mungkin memberi himbauan kepada masyarakat agar terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (Aby).