Terkait Persoalan Pupuk, Ini Arahan Babinsa Tanju dan Nanga Tumpu

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Terkait Persoalan Pupuk, Ini Arahan Babinsa Tanju dan Nanga Tumpu

Koran lensa pos
Minggu, 16 Oktober 2022

 

Komsos Babinsa Tanju dan Nanga Tumpu, Sabtu (15/10/2022)


Dompu, koranlensapos.com - Musim hujan sudah datang. Musim tanam segera menjelang. Namun pupuk masih dalam bayang-bayang. 

Seperti itulah realita yang dialami petani di Kabupaten Dompu saat ini. Tidak terkecuali bagi para petani di wilayah Kecamatan Manggelewa.

Mengenai hal itu, pada hari Sabtu (15/10/2022) pukul 11.15 Wita, sejumlah petani di Desa Tanju menyampaikan kepada Babinsa, Serda Nurdin, SH. Mereka mengeluhkan soal pupuk saat Babinsamelaksanakan Komsos di Dusun Puncak desa setempat.

Mereka mengutarakan bahwa musim tanam sudah hampir mendekati, tetapi pupuk belum ada dalam genggaman. Di saat bersamaan, mereka menerima informasi bahwa ada orang-orang  menawarkan pupuk secara langsung maupun melalui media sosial dengan harga yang sangat tinggi.

Menanggapi keluhan warga binaan tersebut, Babinsa mengimbau agar tetap bersabar menghadapi persoalan pupuk. 
"Pemerintah juga sedang mengupayakan solusi terbaik bagi para petani agar tidak kekurangan pupuk," ujarnya.

Babinsa Tanju juga berkoordinasi dengan Babinsa Kampasi Meci guna mendapatkan informasi lebih mendetail terkait persoalan pupuk yang dihadapu petani. Babinsa Kampasi Meci juga menyampaikan kondisi yang sama dengan di Tanju.

Persoalan yang sama juga dihadapi oleh para petani di Desa Nanga Tumpu. Saat Babinsa Serda Imansyah Komsos dengan warga Dusun Lara yang keseharian berprofesi sebagai petani, Babinsa menerima keluhan warga terkait kelangkaan pupuk. Babinsa Serda Imansyah juga memberikan arahan sebagaimana dilakukan Babinsa Tanju, Serda Nurdin, SH. Meminta petani untuk bersabar sembari berharap semoga segera ada pendistribusian pupuk yang mencukupi bagi petani.

Babinsa juga mengarahkan untuk menyiasati kekurangan pupuk bersubsidi, dengan membeli pupuk non subsidi agar hasil panen lebih meningkat. Selain itu pupuk organik cair maupun pupuk kandang tidak boleh diabaikan karena juga sangat bermanfaat bagi tanaman.

Bahkan Babinsa menyampaikan bahwa tanah yang selalu menggunakan pupuk kimia secara terus - menerus akan menjadi tidak subur karena kehilangan unsur hara. Karena itu perlu diimbamgi dengan penggunaan pupuk organik. (emo).