PC IAI Kabupaten Dompu Laksanakan Konfercab Dirangkaikan Dengan Seminar

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

PC IAI Kabupaten Dompu Laksanakan Konfercab Dirangkaikan Dengan Seminar

Koran lensa pos
Sabtu, 29 Oktober 2022

 

Pelaksanaan Seminar bertema "Dompu Mashur dengan Herbal Unggul, Menuju Indonesia Maju” rangkaian dari Kegiatan Konfercab PC IAI Kabupaten Dompu di Aula Cafe Laberka Sawete - Dompu, Sabtu (29/10/2022)


Dompu, koranlensapos.com - Menjelang berakhirnya masa kepengurusan periode 2018-2022, maka Pengurus Cabang Ikatan Apoteker 
Indonesia (PC IAI) Kabupaten Dompu menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke – IV. Kegiatan yang brrlangsung di Aula Cafe Laberka Sawete Dompu pada Sabtu (29/10/2022) itu dirangkaikan dengan seminar dengan tema “Dompu Mashur dengan Herbal Unggul, Menuju Indonesia Maju”. 

Ketua Panitia apt. Badrul Huda Al Muhdar, S.Si., M.M.Kes mengemukakan Konfercab ini bertujuan untuk penyegaran pengurus cabang sehingga diharapkan kepengurusan PC IAI Dompu bisa menjadi lebih baik. 

"Dengan adanya kegiatan Konfercab yang dirangkaikan dengan seminar ini diharapkan apoteker di wilayah Dompu mempunyai pengetahuan yang baik dan memadai terkait perkembangan herbal skala lokal maupun skala nasional. Sehingga sebagai tenaga kesehatan mampu berperan dalam peningkatan pembangunan kesehatan khususnya di Kabupaten Dompu," jelasnya.
Dr. apt. Kintoko, SF., M. Sc saat menjadi pemateri Seminar bertajuk “Dompu Mashur dengan Herbal Unggul, Menuju 
Indonesia Maju” di hadapan puluhan apoteker dan Pengurus PC IAI Kabupaten Dompu, Sabtu (29/10/2022)


Selain itu, lanjutnya diharapkan apoteker di Dompu dapat terus menerus meningkatkan kapasitas dan kompetensi, sehingga bisa berperan aktif sebagai tenaga kesehatan yang handal untuk menciptakan “Dompu Mashur”, yaitu Dompu yang Maju, Sejahtera, Unggul dan Religius. Serta mendukung program pemerintah daerah melalui program unggulan JARA PASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) di bumi Nggahi Rawi Pahu Ini.

Lebih lanjut diterangkan tujuan pelaksanaan Konfercab dirangkaikan dengan seminar untuk :

1. Melakukan refreshing kepengurusan IAI Cabang Dompu sehingga program 
kegiatan IAI di Dompu dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, lebih tepat sasaran serta diharapkan menjadi partner pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat;

2. Untuk melanjutkan estafet kepemimpinan. Dengan demikian momentum ini diharapkan dapat melahirkan kader pengurus yang amanah dan bisa meningkatkan rasa persaudaran sesama apoteker;

3. Sarana konsolidasi dan penguatan IAI PC Dompu sebagai partner dan perpanjangan tangan dari Pengurus Daerah IAI NTB yang baru terbentuk.
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Omiyati Fatimah, S. Sos., M. Ph saat menjadi pemateri Seminar bertajuk “Dompu Mashur dengan Herbal Unggul, Menuju 
Indonesia Maju” di hadapan puluhan apoteker dan Pengurus PC IAI Kabupaten Dompu, Sabtu (29/10/2022)
Dr. apt. Kintoko, SF., M. Sc memberikan hadiah obat herbal kepada tiga peserta yang mengajukan pertanyaan


Sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah Formulator dan Ahli Herbal Indonesia Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Dr. apt. Kintoko, SF., M. Sc dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Omiyati Fatimah, S. Sos., M. Ph. Acara seminar dipandu oleh moderator apt. Nirwana Malik, S. Si., M. Ph.
Hadir pula pada acara tersebut Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Provinsi NTB, apt. Drs. Agus Supriyanto.
Ketua PD IAI NTB,  apt. Drs. Agus Supriyanto 



Dalam sambutannya, Ketua PD IAI NTB, apt. Drs. Agus Supriyanto menekankan bahwa profesi apoteker itu mulia dan mempunyai kontribusi besar terhadap kesehatan masyarakat. 

"Menjadi seorang apotek sangat mulia, karena kehadirannya diperlukan di tengah masyarakat," ucapnya.


Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, MM. Kes saat membuka acara tetsebut mengemukakan tenaga Apoteker telah memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan bidang kesehatan di Kabupaten Dompu.

"Peran apoteker di tengah masyarakat sangat penting dalam memberikan layanan yang maksimal, demi pengoptimalisasian dalam meminimalisasi penyalahgunaan obat oleh masyarakat," ujarnya.

Dikatakan Sekda, profesi apoteker memiliki  jasa yang besar, baik pada masa normal maupun wabah Covid -19.

"Apoteker telah memberikan pelayanan kefarmasian yang tak tergantikan," ucapnya.

Dikatakannya apoteker memiliki peran yang sangat vital di tengah masyarakat. Ia tidak hanya sekadar menakar obat untuk pasien, tetapi juga menjadi ujung tombak terdepan di dalam melakukan edukasi tentang obat-obatan. (emo).
Ketua PC IAI Kabupaten Dompu periode 2018-2022, 
apt. Hj. Hefrida Lutfiana, S.Si, G.Dipl Pharm memberikan cendera mata kepada kedua narasumber dilanjutkan dengan foto bersama didampingi oleh Ketua PD IAI NTB, apt. Drs. Agus Supriyanto, Moderator apt. Nirwana Malik, S. Si., M. Ph
dan Ketua Panitia apt. Badrul Huda Al Muhdar, S.Si., M.M.Kes