Disnakeswan Dompu Laksanakan Sosialisasi Teknologi Pengolahan Pakan di Nanga Tumpu

Kategori Berita

.

Disnakeswan Dompu Laksanakan Sosialisasi Teknologi Pengolahan Pakan di Nanga Tumpu

Koran lensa pos
Jumat, 28 Oktober 2022

 

Kegiatan Sosialisasi Teknologi Pengolahan Pakan Ternak Fermentasi Limbah Pertanian di Dusun Napa Desa Nanga Tumpu Kecamatan Manggelewa oleh Disnakeswan Kabupaten Dompu, Kamis (27/10/2022)



Dompu, koranlensapos.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Kamis (27/10/2022) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Teknologi pengolahan pakan (Fermentasi Limbah Pertanian) dan Aktualisasi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) 2022.

Kegiatan tersebut ditujukan kepada para kelompok ternak di Dusun Napa Desa Nanga Tumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu.

Hadir sebagai narasumber Sekretaris Disnakeswan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, S. Pt., M. Si didampingi Kabid Pakan Ir. Nurhayati.
Sedangkan materi yang disampaikan tentang Pemanfaatan Limbah Jagung dan Lamtoro.

Sekdis Muhammad Abduh menjelaskan bahwa sektor peternakan merupakan salah satu sektor unggulan program JARAPASAKA selain sektor pertanian, perkebunan maupun sektor perikanan. 

"Sebagaimana tertuang dalam RPJMD bahwa indikator utama program peternakan adalah peningkatan populasi ternak. Saat ini peningkatan populasi ternak rata-rata 6 porsen per tahun. Ke depan sektor peternakan akan berupaya meningkatkan populasi ternak sampai 7 persen," sebutnya.


Lalu bagaimana strategis peningkatan populasi ternak ?

"Salah satunya adalah penyediaan pakan baik kualitas maupun kuantitas," ujarnya.


Pada kesempatan ini Sekdis mengapresiasi terhadap petani ternak Sesa Napa yang begitu semangat mengikuti sosialisasi pengolahan limbah dan pemanfaatan legum lamtoro sebagai sumber pakan yang berkualitas dan bergizi tinggi.

"Dalam rangka program peningkatan SDM petani ternak, kegiatan sosialisasi ini Insya Allah akan diimplementasikan dalam bentuk pelatihan program pelatihan pengolahan limbah pertanian dalam bentuk fermentasi," jelasnya.

Koordinator kegiatan tersebut, Muhammad Takdir berharap dengan adanya kegiatan tersebut semoga bisa membuka pemikiran dan mengubah mindset atau pola pikir masyarakat bahwa dengan berternak itu mampu mengubah dan menambah penghasilan masyarakat.

"Dan dengan penanaman Lamtoro mampu mengubah hutan yang gundul bisa hijau kembali dan harapan kami ke depan usaha kelompok bisa maju dan anggota kelompok sejahtera," harapnya.


Di samping memberikan sosialisasi, Sekdis yang didampingi Kabid Pakan juga melakukan penanaman Lamtoro  secara simbolis. (emo).