Berani Mencoba, Trik Sukses Jadi Penulis

Kategori Berita

.

Berani Mencoba, Trik Sukses Jadi Penulis

Koran lensa pos
Jumat, 14 Oktober 2022

 

      Firmansyah, Psi., M.MKes* 


Banyak pertanyaan yang diajukan oleh para remaja terkait keinginan mereka untuk menjadi seorang penulis yang hebat. Remaja tidak akan pernah menjadi seorang penulis yang hebat bila tidak pernah memulai untuk menulis.

Dengan memulai menuliskan apa-apa yang ada dibenaknya, remaja dapat menyajikan berbagai hal. Sebagai seorang pemula, hendaknya remaja dapat memulai dengan menuangkan ide atau gagasannya dengan menulis hal-hal yang ringan terlebih dahulu.

Dalam pengembangannya untuk menjadi seorang penulis hebat dan berpotensi ke depannya, sambil belajar melengkapi hal-hal penting terkait tata cara penulisan yang baik, remaja terus melengkapi diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan terkait.

Melalui tulisannya, seorang penulis bisa mencurahkan ide atau gagasannya untuk dibaca atau diketahui oleh orang lain. Gagasan atau ide yang disampaikan dalam tulisannya bisa jadi dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Kehebatan remaja menjadi seorang penulis sangat ditentukan oleh seberapa sering dia menulis. Rajin menulis membuat seseorang menjadi terbiasa untuk menuangkan ide atau gagasan berupa tulisan, dengan catatan harus diawali dengan keberanian untuk mencoba.

Di perjalanan waktu seiring dengan keseringan remaja melakukan aktivitas menulis, maka akan terbentuk kebiasaan menulis dan bila kebiasaan menulis sudah terbentu membuat remaja ketagihan untuk menulis, dan menulis akan terus dilakukannya.

Ada banyak ide atau gagasan yang bisa jadi bahan tulisan, ide atau gagasan yang muncul sangat bergantung dari adanya kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca akan memperkaya ide atau gagasan seorang penulis, oleh karena itu untuk menjadi seorang penulis hebat dan profesional sangat dianjurkan untuk hobby dalam membaca.

Salah satu keuntungan yang bisa dipetik oleh remaja bila dapat menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan, disamping memperkuat daya ingat juga membuat jiwa yang bersangkutan menjadi tenang sehingga secara langsung atau pun tidak langsung bisa menciptakan kedamaian dan kesejukan bagi diri sendiri dan orang lain.

Lainya dengan menjadi penulis, remaja bisa menjadikan sebagai profesi yang memberikan keberuntungan bagi masa depan, seperti menjadi penulis buku, penulis jurnal, jadi wartawan atau lainnya sehingga membuanya bisa dikenal oleh banyak orang.

Untuk menjadikan diri sebagai seorang penulis hebat, dalam hal ini remaja tidak harus cepat puas dengan apa yang sudah dicapai namun harus tetap belajar untuk terus menambah wawasan dan keterampilan dalam hal penulisan dengan menguasai dan memenuhi hal yang boleh dan tidak boleh untuk diungkapkan dalam tulisan, sehingga ide atau gagasan yang disampaikan bisa terus dinikmati.

Demikian, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua, terutama dalam membantu atau mendorong para remaja untuk dapat menjadi penulis hebat.

* Penulis adalah Konsultan Psikologi pada Lembaga Konsultasi dan Bimbingan Psikologi "Buah Hati" juga sebagai Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Setda Dompu dan Anggota Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Dompu.