Penekanan Babinsa Malaju dan Kramat, Setiap Masalah Pasti Ada Solusi

Kategori Berita

.

Penekanan Babinsa Malaju dan Kramat, Setiap Masalah Pasti Ada Solusi

Koran lensa pos
Senin, 26 September 2022

 

Kegiatan Komsos Babinsa Malaju dan Kramat, Ahad (25/09/2022)



Dompu, koranlensapos.com - Sudah menjadi aktivitas rutin para Babinsa di Koramil 1614-04/Kilo. Melaksanakan kegiatan teritorial Komunikasi Sosial (Komsos) sekaligus mendengarkan informasi dan laporan dari warga binaan tentang berbagai persoalan yang dihadapi agar dapat diberikan solusinya. 

Ibarat pasien yang mengeluhkan penyakit yang dialaminya kepada dokter dan selanjutnya dokter melakukan diagnosa serta memberikan obat yang tepat dengan dosis dan takaran yang tepat pula.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Malaju, Sertu Mastudinnur pada hari Minggu (25/09/2022) pukul 10.10 Wita melakukan komsos dengan warga binaan di Dusun Paropa Timur. 

Pada kegiatan ini, Babinsa Sertu Mastudinnur mendapatkan informasi dari warga tentang berbagai persoalan yang dihadapi. Hal-hal yang disampaikan warga beraneka ragam karena setiap orang memiliki permasalahan yang berbeda. 

Setelah mendengarkan curhatan dari warga, Babinsa memberikan pengarahan dan pembinaan sebagai suatu solusi dari permasalahan yang dihadapi warga binaannya. Babinsa mengingatkan agar tabah dan kuat menghadapi persoalan hidup yang dihadapi. Permasalahan hidup harus dihadapi dan diatasi setahap demi setahap sehingga akhirnya bisa terselesaikan dengan cara yang baik. Babinsa meyakinkan warga binaannya bahwa setiap persoalan pasti ada solusinya, namun dibutuhkan kesabaran di dalam mengatasinya.

"Mari kita atasi persoalan yang dihadapi dengan tabah karena kita tidak bisa menghindari masalah," ujarnya.

Sebagaimana biasa, Babinsa Mastudinnur tetap menyampaikan pesan kepada warga agar bersama-sama mewujudkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat sehingga Desa Malaju tetap aman, damai dan kondusif.

Hal serupa dilaksanakan Babinsa Desa Kramat, Sertu Abdul Wahid. Saat Komsos dengan warga binaannya di Dusun Enca, Babinsa menggali informasi dari warga mengenai kondisi sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Babinsa mengimbau kepada warga agar selalu hidup rukun dan damai. Hal-hal yang bisa menyebabkan terjadinya kekisruhan di tengah masyarakat agar dihindari. Warga diingatkan agar tidak melakukan pelanggaran terhadap hukum serta norma-norma yang berlaku di tengah masyarakat. Terjadinya konflik di tengah masyarakat umumnya dipicu oleh adanya salah satu pihak yang melanggar aturan dan norma yang berlaku dalam kehidupan. Dicontohkan ada orang melanggar larangan agama dengan mengonsumsi minuman keras. Karena pengaruh alkohol akhirnya ia berteriak-teriak dan melempar rumah orang lain. Hal itu membuat warga lain merasa resah sehingga terjadi keributan. 

Karena itu Babinsa Kramat ini menekankan kepada warga binaannya agar mematuhi aturan bernegara dan bermasyarakat, aturan agama serta norma-norma sosial yang berlaku di dalam kehidupan masyarakat agar Desa Kramat senantiasa aman, damai dan kondusif. (emo).