Wabup Dompu : Mari Jadikan Momentum Peringatan HAN 2022 Wahana Introspeksi Diri

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Wabup Dompu : Mari Jadikan Momentum Peringatan HAN 2022 Wahana Introspeksi Diri

Koran lensa pos
Selasa, 30 Agustus 2022

 

Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Dompu, Selasa (30/8/2022)


Dompu, koranlensapos.com - Mari jadikan momentum Peringatan Hari Anak Nasional ini sebagai wahana untuk introspeksi diri, terutama bagi para orang tua.

Demikian ajakan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT dalam sambutannya pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 Tingkat Kabupaten Dompu.

"Jadikan momentum ini sebagai wahana introspeksi diri. Sejauh mana kita telah memberikan hal-hal penting yang dibutuhkan anak untuk dapat tumbuh kembang sesuai harapan lingkungannya," ujarnya.

Dikemukakan pula bahwa Peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk mengunggah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen masyarakat dalam menjamin pemenuhan anak atas hak hidup. Berikutnya Peringatan Hari Anak Nasional juga menjadi wahana mendorong semua pihak untuk peduli pada tumbuh kembang anak, sehingga anak dapat berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusian dan juga mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. 

Dijelaskan Wabup, dalam tumbuh kembang anak membutuhkan perlindungan dan pemenuhan terhadap berbagai hal penting seperti kasih sayang, cinta kasih dan juga ruang yang baik dan tepat dari orang-orang yang berada di sekitarnya, untuk dapat memaksimalkan potensi diri yang dimilikinya.

Lebih lanjut disampaikan Wabup, dalam hal pemenuhan dan perlindungan hak anak, Pemerintah Kabupaten Dompu berkomitmen mewujudkan hal dimaksud sebagai amanat konstitusi.

"Komitmen tersebut diperkuat dengan melibatkan peran dan partisipasi anak pada proses pembangunan maupun pengambilan kebijakan," sebutnya.

Wabup melanjutkan peningkatan partisipasi dan peran anak juga melalui wadah yang tepat seperti Forum Anak Daerah Kabupaten Dompu serta komunitas dan organisasi peduli/pemerhati anak. 


Wabup menjelaskan dalam momentum Peringatan HAN 2022 di masa pemulihan pasca pandemi covid-19, diharapkan kepada orang tua agar terus memberikan pendampingan dan motivasi bagi anak-anak untuk tetap semangat, kreatif dan inovatif. 

Selanjutnya lewat momentum Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2022, Wabup mengajak semua pihak agar peduli terhadap tumbuh kembang anak-anak dan menjadikan Kabupaten Dompu sebagai daerah yang ramah dan layak bagi manak.

"Mari bekerja sama dan sama bekerja, bersinergi satu sama lain sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing guna mewujudkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045, dengan mempersiapkan dan menciptakan generasi unggul mulai dari sekarang.
Selamat Hari Anak Nasional tahun 2022 kepada seluruh anak anak di daerah yang bermotto Nggahi Rawi Pahu ini," pungkasnya. (emo).