Di Hari Anak Nasional 2022, Bunda PAUD Beri Pesan Khusus Kepada Anak Dompu dan Para Orang Tua

Kategori Berita

.

Di Hari Anak Nasional 2022, Bunda PAUD Beri Pesan Khusus Kepada Anak Dompu dan Para Orang Tua

Koran lensa pos
Kamis, 04 Agustus 2022

 

Bunda PAUD Ny. Lilis Suryani Kader Jaelani bersama Ketua GOW Hj. Faridah Syahrul Parsan, Ketua GOPTKI Ny. Anike Kusumawati Gatot Gunawan, Kepala DP3A Hj. Daryati Kustilawati, Ustadzah Kurniasih Hamzah dalam Acara Lomba Baca Surat Pendek bagi siswa TK/PAUD di Gedung Darma Wanita Dompu dalam rangka Hari Anak Nasional 2022, Sabtu (29/7/2022) lalu


Dompu, koranlensapos.com - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 memang telah lewat. Puncak pengingatan HAN 2022 di Kabupaten Dompu NTB dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2022 lalu.

Namun demikian, ada pesan khusus Bunda PAUD Kabupaten Dompu, Ny. Lilis Suryani Kader Jaelani. Pesan khusus ini patut untuk direnungkan serta diterapkan dalam kehidupan sehari - hari. Terutama bagi anak - anak Dompu dan juga para orang tua.
Bunda PAUD Dompu Ny. Lilis Suryani Kader Jaelani bersama Kepala Dinas P3A Hj. Daryati Kustilawati sedang menyalami para ibu yang mengantarkan anak-anaknya mengikuti Lomba Baca Surat Pendek dalam rangka HAN 2022 di Gedung Darma Wanita, Sabtu (29/7/2022) lalu

Kepada anak - anak Dompu, tokoh wanita yang biasa disapa Umi Lilis ini menitipkan pesan agar senantiasa memiliki kreativitas dan inovasi sehingga mampu menghadapi tantangan zaman yang semakin kompetitif di masa - masa mendatang. Dikatakannya kreatif dan inovatif adalah sikap maju yang harus dimiliki oleh generasi muda di dalam menapaki kehidupan. Kedua hal itu akan mengantarkan generasi muda  beberapa langkah lebih maju dalam bidang apa pun yang digeluti dan pada akhirnya akan membuat dirinya menjadi lebih siap menghadapi perkembangan zaman.
Tetapi sebaliknya bila generasi muda tidak kreatif dan inovatif, maka tidak akan mampu menghadapi perkembangan zaman dan akhirnya akan ketinggalan zaman.
Bunda PAUD bersama anak - anak Dompu

"Mudah - mudahan anak - anak Dompu ke depan bisa lebih berkreasi dan lebih berinovasi," harapnya.

Umi Lilis juga mengharapkan kepada generasi muda untuk memiliki karakter kepribadian yang tangguh, bermoral dan beretika. Karakter kepribadian tangguh yang dimaksudkan adalah secara jasmani dan rohani. Secara jasmani memiliki fisik yang sehat dan kuat. Imunitas tubuhnya mampu menghadapi berbagai kondisi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Untuk membentuk fisik yang sehat dan kuat harus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi serta rutin berolahraga.


Sedangkan tangguh dari sisi rohani artinya memiliki jiwa (mental) yang kuat. Dengan kata lain memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Mampu mengendalikan diri dan tidak mudah tergoda untuk melakukan tindakan - tindakan yang negatif. Sedangkan bermoral dan beretika dimaksudkan bahwa anak - anak Dompu harus memiliki budi pekerti yang baik dan berakhlakul karimah. Memiliki sikap hormat dan sopan santun kepada orang lain. Patuh kepada orang tua dan guru. Memiliki semangat yang tinggi untuk belajar, terutama tentang ilmu - ilmu agama agar menjadi generasi yang taat dalam menjalankan ibadah.



Sedangkan kepada para orang tua, Bunda PAUD juga berpesan agar senantiasa memiliki perhatian dan kepedulian kepada anak - anaknya. Perhatian dan kepedulian orang tua sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Perhatian dan kepedulian bukanlah dalam bentuk memanjakan anak, tetapi memberikan pendidikan yang baik sejak usia dini sesuai jenjang usia anak. Bekal pendidikan keluarga merupakan modal utama bagi anak di dalam menjalani kehidupan. Anak akan bisa memiliki tata krama serta sopan santun dalam kehidupan di tengah masyarakat adalah berkat pendidikan dari orang tua di rumah. Selain itu, orang tua juga harus menjadi panutan (teladan) yang baik bagi anak - anaknya.


Ditegaskan Bunda PAUD, peran orang tua sangat penting bagi pembentukan kepribadian anak. Karena itu para orang tua supaya dapat memberikan pendidikan yang baik kepada anak - anaknya disertai dengan keteladanan. Bila hanya memberikan arahan tanpa keteladanan, maka akan sia - sia belaka.

Di akhir penyampaiannya, Bunda PAUD mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional tahun 2022.

"Saya selaku Bunda PAUD mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional untuk anak - anak hebat di Kabupaten Dompu. Semoga anak - anak Dompu menjadi generasi penerus yang unggul menuju DOMPU MASHUR, NTB GEMILANG, INDONESIA MAJU," ucapnya. (emo).