Truk Fuso Bermuatan Penuh Terguling di Tanjakan Jado Dompu, Nyaris Menimpa Dua Unit Rumah

Kategori Berita

.

Truk Fuso Bermuatan Penuh Terguling di Tanjakan Jado Dompu, Nyaris Menimpa Dua Unit Rumah

Koran lensa pos
Senin, 18 Juli 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Satu unit truk fuso bermuatan penuh sekitar 12 ton terguling di Tanjakan Jado Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB pada Senin pagi (28/7/2022) sekitar pukul 05.00 Wita.

Kendaraan bermuatan berat yang terguling tersebut nyaris menimpa 2 (dua) rumah yang berada di sisi kiri jalan. Satu unit sepeda motor terlindas badan kendaraan itu. Namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Joko, sang sopir truk pun dalam kondisi sehat wal afiat meski terlihat gundah dan susah.

Joko mengaku truk bernomor polisi P 9512 UV yang dikendarainya itu berangkat dari Surabaya menuju Dompu. Sedangkan lokasi gudang tempat pembongkaran muatan barang tersebut tinggal beberapa ratus meter lagi dari TKP, tepatnya di Desa Mangge Asi Kecamatan Dompu.

"Bongkar muatan di situ sudah dekat sebenarnya," aku Joko sembari menunjuk ke arah timur (di Desa Mangge Asi,red).


Joko mengungkapkan awal mula terjadinya peristiwa naas di pagi buta itu. Saat itu memang kondisi sekitar TKP masih sepi. Namun sopir yang telah bertahun - tahun melintasi jalur tanjakan itu sudah memahami yang harus dilakukannya. Dari jembatan Jado ia sudah menggunakan persneling (gigi) satu. 
Sampai di atas, tiba - tiba ada satu unit mobil mengambil haluan kiri. Untuk menghindari terjadinya tabrakan dengan kendaraan itu, akhirnya ia mengurangi persneling kendaraannya. Akibatnya posisi gigi kendaraan nol yang menyebabkan fuso bermuatan aneka minuman jelly itu berjalan mundur di tanjakan itu. Karena muatan yang begitu berat sehingga sang sopir tidak mampu menguasai kendaraan yang terus mundur itu. Rem kendaraan tidak bisa berfungsi dengan baik. Akhirnya kendaraan oleng ke kiri. Roda belakang sebelah kiri kendaraan itu kemudian terperosok ke dalam lubang saluran drainase yang mengakibatkan seluruh badan kendaraan bermuatan berat itu terguling ke kiri nyaris menimpa 2 (dua) unit rumah.

Pantauan langsung media ini, pihak kepolisian dari Satuan Lantas Polres Dompu sedang melakukan oleh Tempat Kejadian Perkara (TKP). Masyarakat sekitar maupun para pengguna jalan yang melintas berkerumun melihat kendaraan itu.

"Pak sopir akan dibawa ke Polres untuk dimintai keterangan. Begitu juga kendaraannya akan dibawa ke Polres," kata Bripka Suryawan dari Sat Lantas Polres Dompu. (emo).