Komsos Para Babinsa Kodim 1614/Dompu Sekaligus Ingatkan Vaksinasi dan Patuhi Prokes

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Komsos Para Babinsa Kodim 1614/Dompu Sekaligus Ingatkan Vaksinasi dan Patuhi Prokes

Koran lensa pos
Kamis, 17 Maret 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Para Babinsa di 6 Koramil yang berada di bawah Kodim 1614/Dompu terus rutin melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos)  di desa/kelurahan binaan masing-masing. Sebagaimana biasa, Komsos juga sekaligus mengingatkan kepada warga binaan agar mendukung dan mengikuti program vaksinasi serta mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebarluasan virus corona atau Covid -19.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada Kamis (17/3/2022), para Babinsa kembali beraktivitas sebagaimana biasa, yaitu melakukan kegiatan Komsos sekaligus mengedukasi masyarakat agar mengikuti vaksinasi dan mentaati prokes.

Di Koramil 01/Dompu, kegiatan Komsos antara lain dilaksanakan oleh Babinsa Desa Matua dan Babinsa Kelurahan Kandai Dua.

Babinsa Desa Matua Serma Hurman bersama Kadus, Ketua RT dan warga di Dusun Perumahan Baru pada pukul 10.00 Wita melaksanakan Komsos. Komsos tersebut sekaligus bermusyawarah menyelesaikan permasalahan tanah milik umum yang dimanfaatkan oleh salah satu warga untuk ditanami ubi jalar. Penanaman ubi jalar dilakukan oleh warga tersebut untuk memanfaatkan lahan yang kumuh karena selama ini dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar. 
Tetapi karena lokasi tersebut adalah milik umum, maka akhirnya dalam musyawarah bersama itu  disepakati  dikembalikan untuk kepentingan umum dengan ketentuan seluruh warga bertanggung jawab bersama atas kebersihannya.
Babinsa kemudian memberikan pengarahan kepada warga agar selalu bermusyawarah untuk menyelesaikan setiap permasalahan. Menurutnya permasalahan seberat apapun bila dimusyawarahkan bersama akan ditemukan solusi yang terbaik. Apalagi musyawarah adalah budaya bangsa dan perintah agama.

 Tidak lupa Babinsa juga mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sedangkan Babinsa Kelurahan Kandai Dua melaksanakan Komsos bersama warga binaan membahas terkait saluran air yang tersumbat akibat pembuangan sampah sembarangan. Rencana selanjutnya akan dilakukan pembersihan secara gotong-royong saluran air yang tersumbat itu agar bisa mengalir dengan lancar. 

Babinsa menegaskan gotong-royong adalah warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang harus selalu diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan semangat gotong-royong, pekerjaan yang berat akan terasa ringan. 

Babinsa juga mengimbau agar tetap menjaga kesehatan. Demikian pula yang belum melaksanakan vaksin agar melaksanakannya. Selain itu diingatkan kepada warga mengikuti Prokes dengan cara Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sedangkan di Koramil 03/Hu'u Komsos antara lain dilaksanakan oleh Babinsa Desa Daha dan Babinsa Desa Ranggo.

Babinsa Desa Daha, Serma Muhdar pada pukul 09.16 melaksanakan kegiatan komsos bersama warga binaan di Dusun Tolo Rodi Desa Daha. Usai pembinaan dilanjutkan dengan kegiatan rembug membahas terkait adanya harga gabah saat ini yang tidak sesuai dengan standar Harga Pembelian Pemerintah (HPP) sebagaimana amanat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) RI Nomor 24 Tahun 2020.  Persoalan anjloknya harga gabah ini bukan hanya di Desa Daha saja melainkan se Kabupaten Dompu. 
Babinsa juga mengimbau warga agar taat terhadap prokea guna memutus rantai penyebaran Covid -19.

Adapun Babinsa Desa Ranggo, Serka Rusli melaksanakan koordinasi dengan Kepala Desa, Bhabinkamtibmas  dan Sekdes serta Pendamping Desa membahas tentang pembangunan Desa Ranggo ke depan yang lebih baik.

Babinsa tidak lupa serta mengimbau warga agar mematuhi protokol kesehatan.

Sementara di Koramil 1614 - 06 / Manggelewa, Babinsa Desa Nusa Jaya, Serka Ibrahim.bersama warga binaan melaksanakan Komsos di Dusun Mekar Sari. Dalam arahannya, Babinsa mengajak warga agar bersama-sama mewujudkan situasi keamanan yang kondusif demi kenyamanan bersama seluruh warga. Bila ada permasalahan supaya diselesaikan secara kekeluargaan. 
Babinsa mengimbau agar tetap mematuhi protokol Kesehatan dengan cara memakai Masker jaga jarak dan biasakan Mencuci tangan dengan Air bersih agar terhindar dari pandemi covid 19.

Masih di Koramil 06/Manggelewa, 
 Babinsa Desa Kampasi Meci
Serda Abd Hamid melaksanakan Komsos di dusun Sugi Makmur. Dalam arahannya Babinsa mengingatkan kepada warga agar selalu mematuhi tata tertib dan peraturan pemerintah yang berlaku. Diimbau pula kepada warga agar jangan melakukan perbuatan yang melanggar hukum maupun melanggar aturan agama. 
Selanjutnya Babinsa mengimbau kepada warga  dan anak -anak sekolah agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan dengan cara memakai masker menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari penyakit Virus Corona (Covid-19). 

Pada hari yang sama, dua orang anggota TNI bersama dua orang anggota Kepolisian mendampingi kegiatan vaksinasi di Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa. Vaksinasi yang dihadiri pula oleh Camat dan Kapela Desa serta Kepala Dusun itu dilaksanakan di SD yang ada di desa tersebut. Sedangkan Tenaga Kesehatan (Nakes) berjumlah 16  Orang. Hadir pula
para kepala sekolah dan guru serta orang tua siswa-siswi.

Vaksinasi di Desa Tekasire kepada 30 oran anak dengan rincian dosis 1 sebanyak 27 orang dan dosis 2 sejumlah 3 orang. Jenis vaksin yang digunakan adalah pfizer.

Sedangkan di SD lain di desa yang sama juga dilaksanakan vaksinasi
jenis Sinovac Singledose dengan dosis II 26 orang.

Di Koramil 02/Kempo, pada pukul 10.00 Wita, Babinsa Desa Taa, Sertu Syaiful  melaksanakan Komsos dengan masyarakat di Dusun Rasabou. Dalam arahannya Babinsa mengingatkan kepada warga untuk saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain. Sebagai warga negara yang baik harus patuh pada peraturan yang berlaku. Babinsa juga menghadiri doa syukuran warga binaannya. Pada keaempatan tersebut, Babinsa sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi tentang PPKM Mikro, 3M dan 3T sekaligus mengimbau  kepada Warga agar tetap mematuhi protokol  kesehatan dengan cara menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan hindari kerumunan agar selalu menjaga keamanan.

Sementara Babinsa Desa Soro, Serma Suherman mulai pukul 08.30 Wita melaksanakan kegiatan Komsos dengan masyarakat di Dusun Wodi.. Babinsa menyampaikan ajakan kepada warga yang belum melaksanakan vaksinasi agar mendatangi Puskesmas. 

Di Koramil 1614 - 05 / Pekat, 
Babinsa Desa Karombo, Serka Ilham  mendampingi petugas Nakes Puskesmas Calabai I yang melaksanakan vaksinasi di kantor Desa setempat. Babinsa mengimbau kepada masyarakat agar mengajak semua keluarganya untuk divaksin baik vaksin 1, 2 maupun vaksin yang ke 3 dengan tujuan untuk menambah kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terjangkit virus Corona. Babinsa menegaskan kepada warga bahwa vaksin itu aman dan halal. Warga juga diimbau agar tidak mudah percaya dengan berita-berita hoaks.

Hal yang sama dilakukan Babinsa Nangakara, Serka Fadir Musa. Babinsa mendampingi petugas Nakes PKM CALABAI II NANGAKARA yang sedang melaksanakan vaksin di SDN 22 PEKAT. Babinsa mengimbau kepada wali murid, tenaga pengajar dan para siswa/siswi untuk melaksanakan vaksin dengan tujuan untuk menambah kekebalan tubuh agar tidak mudah terjangkit virus covid 19.

Di Koramil 1614-04/Kilo, Babinsa Desa Taropo Serda Mashudi melaksanakan  komsos  bersama warga binaan di Dusun Makarti Desa Taropo. Babinsa memberikan pembinaan tentang tanggung jawab bersama menjaga keamanan khususnya di Desa Taropo. 
Babinsa tidak lupa mengimbau kepada warga agar mematuhi protocol covid 19 dengan sering mencuci tangan,  .enjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sedangkan Babinsa Desa Mbuju Koptu Dahlan, melaksanakan mediasi antar  warga tentang suatu permasalahan yang berbuntut kesalahfahaman. Babinsa meminta agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara kekeluagaan  dan membuat surat pernyataan agar tidak terulang kembali. 

Babinsa mengimbau kepada staf desa bersama warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan covid 19. (emo).