Kadistanbun Dompu Serahkan Bantuan Saprodi Bawang Merah Untuk Poktan di Kilo

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Kadistanbun Dompu Serahkan Bantuan Saprodi Bawang Merah Untuk Poktan di Kilo

Koran lensa pos
Rabu, 23 Maret 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP., MM, Selasa (22/3/2022) menyerahkan bantuan sarana produksi bawang merah untuk kelompok tani di Kecamatan Kilo.

Saprodi yang diserahkan merupakan bantuan dana Tugas Pembantuan APBN dari Dirjen Hortikultura melalui program pengembangan kawasan Sayuran Dan Tanaman Obat-Obatan (STO).

Muhammad Syahroni mengemukakan pemberian bantuan  ini dilakukan dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan kampung sayuran (kampung bawang merah) untuk 2 (Dua) kelompok tani di dmDesa Malaju Kecamatan Kilo.

Adapun Saprodi yang diterima Kelompok Tani berupa benih bawang merah varietas Bima Brebes dan pupuk NPK.

"Pertimbagan dipilihnya Kecamatan Kilo sebagai lokasi pemberian bantuan karena Kecamatan Kilo merupakan sentral penghasil bawang merah yang pertama di Kabupaten Dompu," jelas Kadis.

Selain itu, lanjutnya bahwa kebanyakan petani bawang merah yang ada di Kecamatan Kilo adalah merupakan petani asli dari Kabupaten Dompu (bukan petani pindahan daerah lain).

"Perolehan bantuan ini tidak terlepas dari upaya Bupati AKJ yang selalu membuka komunikasi yang intens dengan Pihak Kementerian RI," ujarnya.

Syahroni berharap bantuan ini dapat meringankan biaya produksi petani dan bantuan yang diberikan akan dapat meningkatkan hasil panen para petani. 

"Dan tentu saja diharapkan dapat bermuara pada peningkatan  pendapatan keluarganya," harapnya.

Adapun jumlah bantuan yang diserahkan adalah 20 ton bibit bawang merah varietas Bima Brebes, Mulsa sebanyak 100 roll, Pupuk NPK sebanyak 3 Ton, dan Pupuk Organik Cair (POC) sebanyak 160 liter. 
Kegiatan penyerahan bantuan kepada kelompok tani di Desa Malaju tersebut didampingi oleh para pejabat dan staf Distanbun Kabupaten Dompu. Hadir pula Koordinator BPP Kecamatan Kilo, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perangkat desa setempat. (emo).