Sukses Atasi Krisis Kepercayaan Diri, Kunci Remaja Raih Kemajuan

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Sukses Atasi Krisis Kepercayaan Diri, Kunci Remaja Raih Kemajuan

Koran lensa pos
Senin, 17 Januari 2022

 Oleh : Firmansyah, S. Psi., M.M. Kes*

         Firmansyah, S. Psi., M. M. Kes


Krisis kepercayaan diri adalah kondisi dimana individu merasa lebih rendah atau tidak mampu dibanding dengan orang lain, atau juga merupakan kondisi dimana individu tidak percaya pada kemampuan dirinya. Krisis kepercayaan diri banyak dialami para remaja dan sering menjadi kendala saat mereka berinteraksi sosial dengan lingkungannya.

Krisis kepercayaan diri disebabkan oleh berbagai hal, bisa karena munculnya rasa minder baik dari segi penampilan maupun kemampuan. Tidak jarang hal ini dipengaruhi oleh kondisi lingkungan yang membuat individu merasa terabaikan.

Untuk menggali potensi besar pada diri atau juga untuk membuat diri bisa sukses dalam satu atau lebih urusan, individu harus punya anggapan yang baik tentang dirinya (percaya diri). Individu tidak boleh menganggap dirinya lebih rendah atau tidak mampu dari orang lain. 

Percaya pada kemampuan diri membuat individu bisa lebih enjoi dalam berinteraksi sosial dengan siapa saja dilingkungannya. Untuk sosialisasi diri yang baik dan mantap dibutuhkan kepercayaan pada diri sendiri, tanpa kepercayaan diri yang baik akan sulit bagi individu mendapatkan interaksi sosial yang hangat dan akrab. 

Percaya diri merupakan kondisi di mana mental atau psikologis individu mampu memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk melakukan suatu tindakan dengan baik dan sukses. Kepercayaan diri sangat penting dimiliki karena dapat mempengaruhi keberhasilan individu. 

Menghadirkan generasi muda bangsa dan daerah yang handal, mandiri, sejahtera, unggul dan religius, kreatif dan inovatif yang kelak bisa berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan daerah, bimbing dan motivasi mereka untuk meningkatkan rasa percaya dirinya dan cegah mereka mengalami krisis kepercayaan diri.
(*Penulis adalah seorang Psikolog).