Rumah Layak Anak, Bermanfaat Untuk Tumbuh Kembang

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Rumah Layak Anak, Bermanfaat Untuk Tumbuh Kembang

Koran lensa pos
Senin, 17 Januari 2022

 Oleh : Firmansyah*

                   Firmansyah

Sudahkan rumah kita sebagai tempat yang layak anak. Rumah yang layak dan ramah anak menjadi penting dan bermakna bagi anak untuk tumbuh dan kembang secara maksimal.

Dilihat dari fungsinya rumah adalah tempat dimana anak mendapatkan perlindungan dan terpenuhinya kebutuhan atau hak-haknya dari orang tua untuk tumbuh dan kembang. Dengan demikian sudah sewajarnya rumah menjadi tempat yang layak bagi anak untuk tumbuh dan kembang dengan baik.

Rumah ramah anak merupakan jawaban atas beragam masalah relasi dan pola pengasuhan dari orang tua kepada anak. Upaya mewujudkan rumah ramah anak meliputi, pertama, bangun persepsi dalam keluarga bahwa anak bukan "miniatur manusia", melainkan "manusia seutuhnya" yang mengalami proses tumbuh kembang. 

Dari uraian tersebut diatas dapat dijelaskan manfaat dari rumah ramah anak diantaranya;
meminimalisir risiko kecelakaan pada anak,
perasaan tenang pada orang tua dalam memfasilitasi anak bermain, menghemat energi orang tua, membangun kepercayaan diri dan kemandirian anak karena diberi kepercayaan untuk melakukan berbagai hal sendiri.

Berikutnya manfaat rumah yang layak anak memberi ruang anak bereksplorasi secara maksimal untuk mendukung tumbuh kembangnya, mengurangi rasa bersalah orang tua jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, karena sudah berusaha sebaik mungkin.

Untuk tumbuh kembang anak secara maksimal dan menjadikan mereka sebagai generasi harapan kedepannya tuntutan untuk mejadikan setiap rumah menjadi rumah layak anak penting dilakukan. Demikian untuk maklum, semoga ada manfaatnya.
 (* Penulis adalah seorang Psikolog).