Pembukaan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Dompu Dihadiri Tiga Qori Internasional

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Pembukaan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Dompu Dihadiri Tiga Qori Internasional

Koran lensa pos
Jumat, 21 Januari 2022

  






Dompu, koranlensapos.com - Setelah tertunda 2 (dua) tahun akibat pandemi Covid -19, akhirnya Pemkab Dompu menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ)  XXIX Tingkat Kabupaten Dompu pada tanggal 20 - 26 Januari 2022 di Lapangan Beringin depan Gedung Paruga Parenta Bumi Nggahi Rawi Pahu (Kantor Pemda Dompu).



Pada Kamis pagi (20/1/2022) diawali dengan pawai ta'aruf keliling kota Dompu diikuti oleh ratusan orang mulai dari pejabat, para tokoh agama, dan para panitia dan peserta kafilah dari seluruh kecamatan yang akan mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Pelantikan Dewan Hakam oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani.


Pembukaan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Dompu dilaksanakan pada Kamis malam (20/1/2022) yang dihadiri oleh 3 (tiga) Qori Internasional, yakni Ustadz H. Darwin Hasibuan dari Medan, 
Syamsuri Firdaus dari Bima dan Ustadz Salman Amrillah dari Bandung. Haflah Al-Qur'an dengan kemerduan suara menampilkan aneka irama tilawah itu memukau hadirin dan menyemarakkan suasana pembukaan event keagamaan tersebut. Kehadiran tiga Qori Internasional tersebut memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan dengan MTQ-MTQ sebelumnya meski ketiga qori tersebut sudah seringkali diundang untuk kegiatan haflah di Bumi Nggahi Rawi Pahu tersebut.

Ketua Panitia, H. Burhan, SH selaku Asisten I Setda Dompu dalam laporannya menyampaikan bahwa MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Dompu akan menggelar aneka mata lomba dan dilaksanakan pada 4 (empat) lokasi . 





Di Arena Utama Lapangan Beringin Dompu akan digelar mata lomba Tartil, Tuna Netra, Tilawah Golongan anak-anak, remaja dan dewasa. Qira'at Mujawwad Dewasa, Qira'at Murattal Remaja dan Dewasa.

Sedangkan di Arena II di Masjid Agung Baiturrahman Dompu drngan mata lomba Tahfidz Al-Qur'an Golongan 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz.
Tafsir Al-Qur'an Golongan Tafsir Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Arena III di Gedung PKK Kabupaten Dompu dengan mata lomba Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an dan Menulis Makalah Isi Kandungan Al-Qur'an (M2KQ).

Arena IV di Gedung Dharma Wanita Persatuan Dompu dengan mata lomba Khatil Al-Qur'an (Kaligrafi) Golongan Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi dan Kontemporer. (emo).