Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Munaqosah Perdana 3 Kecamatan di Dompu Diikuti 813 Santri TPQ

Senin, 06 Desember 2021 | 10:03 AM WIB Last Updated 2021-12-06T02:03:43Z

 

          Para santri TPQ yang mengikuti Ujian Munaqosah di Kecamatan Dompu, Woja dan Pajo (dok. BKPRMI Dompu)

Dompu, koranlensapos.com - Proses seleksi untuk mendapatkan 1.000 santri se Kabupaten Dompu yang akan diwisuda tanggal 22 Desember 2021 mendatang sedang berlangsung.

Ujian Munaqosah Perdana sudah dilaksanakan pada hari Ahad (5/12/2021) di 3 (tiga) kecamatan yakni Kecamatan Dompu, Woja dan Pajo. 
Ketua Panitia, Ustadz Imamul Arif, M. Pd menyebutkan peserta munaqosah perdana di tiga kecamatan tersebut di atas sebanyak 813 santri dari berbagai Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ). Yakni 304 orang di Kecamatan Dompu, Kecamatan Woja 315 peserta dan Kecamatan Pajo 194 peserta.

"Baru 3 kecamatan sudah ada peserta munaqosah delapan ratus lebih. Masih ada 5 kecamatan lagi yang belum dilakukan munaqosah. Diperkirakan akan lebih dari seribu orang," ungkap Imam.

Dikatakannya Tim Munaqis (Penguji) yang ditetapkan oleh Panitia ada 10 (sepuluh) orang per kecamatan. Mereka juga yang menetapkan santri yang dinyatakan lulus maupun tidak lulus dalam ujian munaqosah tersebut. Bagi santri yang dinyatakan lulus, maka akan mengikuti wisuda tanggal 22 Desember 2021. 

"Panitia juga akan menetapkan sepuluh wisudawan terbaik dari seluruh peserta munaqosah se Kabupaten Dompu," jelas Sekretaris Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Dompu, H. Muhammad Rifaid M. Saleh, S. Sos.

Dijelaskannya penetapan wisudawan terbaik itu tidak asal-asalan, melainkan berdasarkan kemampuan santri dalam kategori tahfidzul Qur'an, Qira'at dengan tartil sesuai tajwid dan makhorijul huruf, hafalan bacaan sholat dan doa-doa serta hafalan hadits.

Kegiatan Munaqosah merupakan tahapan seleksi untuk pelaksanaan Wisuda Santri yang akan digelar 22 Desember 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan program kerja BKPRMI Kabupaten Dompu tahun 2021 dengan tema"Menyiapkan Generasi Qur'ani". (emo).

×
Berita Terbaru Update