Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Fraksi NasDem Minta Pemda Dompu Tingkatkan Pelayanan Air Bersih dan Selamatkan Sisa Hutan

Selasa, 30 November 2021 | 10:53 AM WIB Last Updated 2021-11-30T02:53:41Z

 

Ketua Fraksi NasDem DPRD Kab. Dompu, Muhammad Ikhsan, S. Sos saat penyampaian Kata Akhir Fraksi, Senin (29/11/2021)


Dompu, koranlensapos.com - Postur dan struktur APBD Tahun Anggaran 2022 merupakan sebuah tonggak sejarah dan babak baru dalam mengawali perjalanan roda pemerintahan AKJ-SYAH selaku Bupati dan Wakil Bupati Dompu terpilih periode 2021-2026 sebagai hasil kontestasi PILKADA tanggal 9 Desember 2020 yang lalu. Karena APBD Kabupaten Dompu Tahun Anggaran 2022 merupakan perwujudan dan implementasi secara sungguh-sungguh terhadap semangat dan ikhtiar AKJ-SYAH melalui visi DOMPU MASHUR dengan program unggulan JARA PASAKA, dengan berpedoman kepada dokumen RPJMD Kabupaten Dompu tahun 2021-2026. Di sisi lain, bahwa postur APBD Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan saat ini adalah merupakan anggaran transisi dari pemerintahan sebelumnya, yaitu pemerintahan HBY-ARIF, sekaligus merupakan proses penyediaan anggaran untuk menyongsong pemerintahan baru hasil PILKADA tanggal 9 Desember 2020. Sehingga ujian sesungguhnya bagi Bupati dan wakil Bupati Dompu yang baru dalam mengimplementasikan janji-janji politiknya akan tercermin dalam postur APBD Tahun Anggaran 2022. 

Demikian diungkapkan oleh Ketua Fraksi NasDem, Muhammad Ikhsan, S. Sos saat menyampaikan Pandangan Akhir Fraksi terhadap Raperda RAPBD Kabupaten Dompu tahun 2022.

"Kami sangat yakin dan percaya, bahwa dengan kerja keras beliau berdua dan dukungan penuh secara totalitas dari kita semua, walau dihadapkan dengan berbagai tantangan yang tidak mudah, maka visi DOMPU MASHUR dengan program unggulan JARA PASAKA akan dapat diwujudkan secara bertahap," ungkapnya.
   
Lebih lanjut dikatakannya dengan memperhatikan telah bahwa syarat formal dan materil telah terpenuhi sebagaimana ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Tentang Pedoman Penyusunan, maka Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Dompu menyatakan setuju dan menerima Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) RAPBD Kabupaten Dompu Tahun Anggaran 2022, untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Dompu.


"Berikutnya, kami meminta dengan hormat kepada pemerintah daerah, khususnya masing-masing OPD untuk kiranya memperhatikan dan melaksanakan sungguh-sungguh apa yang menjadi catatan yang tertuang dalam laporan Badan Anggaran DPRD terhadap hasil Pembahasan Atas KUA/PPAS dan pembahasan atas RKA serta Nota Keuangan RAPBD Tahun Anggaran 2022," pintanya. (Baca : http://www.koranlensapos.com/2021/11/rapat-paripurna-dprd-ini-masukan.html)


Dilanjutkan Ikhsan, persetujuan fraksi Partai NasDem atas Rancangan PERDA RAPBD Kabupaten Dompu Tahun Anggaran 2022 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, disertai pula dengan beberapa pandangan yang menjadi harapan bersama.

"Walaupun dengan anggaran yang sangat terbatas namun kami optimistik bahwa pemerintah daerah akan berupaya sekuat tenaga dengan mengutamakan skala prioritas dan  memaksimalkan asas kemanfaatannya," ucapnya.

Beberapa pandangan dimaksud adalah Fraksi Partai NasDem mendorong pemerintah daerah untuk focus dan sungguh-sungguh terkait dengan penanganan dan peningkatan pelayanan air bersih untuk pemenuhan ketersediaan air bersih yang sehat dan higinies bagi masyarakat Dompu, melalui peningkatan sarana prasarana jaringan perpipaan, pelestarian sumber mata air, kualitas pengelolaan dan manajemen lembaga pengelolanya. 

"Hal ini menjadi sangat penting karena persoalan air bersih selalu menjadi sorotan sekaligus menjadi harapan kita bersama untuk dituntaskan oleh pemerintah daerah dari masa ke masa," ujarnya.

Selain persoalan air, Parpol yang merupakan pengusung AKJ-SYAH dalam Pilkada Dompu 2020 ini juga mendorong pemerintah daerah untuk focus pula terhadap upaya penanggulan kerusakan kawasan hutan beserta ekosistemnya serta bersama stakeholder terkait untuk terjun langsung menyelamatkan ‘sisa’ kawasan yang hutan yang masih ada khususnya pada kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), zona penyangga mata air dan kawasan hutan yang memiliki kemiringan ekstrim.

"Penyelamatan hutan ini sangat penting demi mencegah kerusakan hutan yang amat masif serta menghindari bahaya bencana banjir, banjir bandang dan tanah longsor seiring datangnya musim penghujan," pintanya.


Di samping itu, Fraksi NasDem juga mendorong pemerintah daerah untuk tetap focus dalam melaksanakan program pembangunan dan peningkatan infrastruktur secara umum dan khususnya infrastruktur di sektor pertanian dan perkebunan melalui pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi teknis baik sekunder maupun tersier, penyediaan pupuk dan obat-obatan, serta penyediaan benih dan bibit yang berkualitas.
 
 
"Pada kesempatan yang amat baik ini, Fraksi Partai NasDem tak lupa mengajak dan sekaligus mengingatkan kepada kita semua untuk selalu menerapkan protokol kesehatan covid-19 dalam kegiatan kita sehari-hari dan memberi contoh serta suri teladan bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Dompu agar tetap menjalani kehidupan dengan pehuh keyakinan dan rasa optimistik. 
Kami mengajak kepada seluruh elemen pemerintahan, unsur kemasyarakatan, partai politik dan semua pihak untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, menciptakan suasana politik yang kondusif demi tetap terpeliharanya kondisi keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat BUMI NGGAHI RAWI PAHU yang kita cintai bersama.  
Mari kita jaga persaudaraan dan silaturrahmi di antara kita semua, demi terwujudnya masyarakat Dompu yang Maju, Sejahtera, Unggul dan Religius atau DOMPU MASHUR," pungkasnya. (emo).

×
Berita Terbaru Update