Harmoko, Mantan Menteri Penerangan Era Soeharto Tutup Usia

Kategori Berita

.

Harmoko, Mantan Menteri Penerangan Era Soeharto Tutup Usia

Koran lensa pos
Senin, 05 Juli 2021
                               H. Harmoko
Jakarta, koranlensapost.com - Bumi Pertiwi kembali berduka. Salah satu putra terbaik bangsa ini meninggal dunia, yakni H. Harmoko, seorang wartawan yang pernah menjadi Menteri Penerangan di masa pemerintahan Presiden Soeharto.
Harmoko wafat di usia 82 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta pada hari Ahad (4/7/2021) malam karena sakit sebagaimana dilansir okezone.com.

Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Letjen TNI Albertus Budi Sulistya, mengatakan, mantan Ketua Umum Partai Golkar itu tutup usia setelah beberapa menit akan mendapatkan perawatan medis kedaruratan.

Menurutnya, saat Harmoko tiba di instalasi gawat darurat (IGD) RSPAD kondisinya sudah dalam keadaan penurunan kesadaran.

"Baru tiba. Jadi hitungannya menit dan langsung ke IGD sudah penurunan kesadaran," ujar Budi saat dikonfirmasi awak media.

Setelah itu, dokter langsung mengambil tindakan medis terhadap mantan Ketua MPR tersebut. Namun,  Tuhan berkehendak lain mantan wartawan senior tersebut meninggal dunia pada pukul 20.22 WIB.

"Kita coba lakukan tindakan medis, tetapi Tuhan berkehendak lain. Jadi memang singkat sekali di IGD," tandasnya.

Dihimpun dari beragam sumber, Harmoko mengawali kariernya setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, ia bekerja sebagai wartawan dan juga kartunis di Harian Merdeka dan Majalah Merdeka. Pada tahun 1964 ia bekerja juga sebagai wartawan di Harian Angkatan Bersenjata, dan kemudian Harian API pada 1965.

Pada saat yang sama, ia menjabat pula sebagai pemimpin redaksi majalah berbahasa Jawa, Merdiko (1965). Pada tahun berikutnya (1966-1968), ia menjabat sebagai pemimpin dan penanggung jawab Harian Mimbar Kita. Pada tahun 1970, bersama beberapa temannya, ia menerbitkan harian Pos Kota

Sebagai menteri Penerangan, Harmoko mencetuskan gerakan Kelompencapir (Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pirsawan) yang dimaksudkan sebagai alat untuk menyebarkan informasi dari pemerintah. Kala itu, Harmoko dinilai berhasil memengaruhi hasil pemilihan umum (Pemilu) melalui apa yang disebut sebagai "Safari Ramadhan".


Sumber Wikipedia menyebutkan H. Harmoko adalah politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan Indonesia pada masa Orde Baru, dan Ketua MPR pada masa pemerintahan BJ Habibie. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia, dan kemudian menjadi Menteri Penerangan di bawah pemerintahan Soeharto.
Harmoko lahir di Nganjuk, Jawa Timur pada 7 Februari 1939. Ia juga pernah mendapatkan amanah sebagai Ketua Umum Golongan Karya pada tahun 1993 sampai 1998.

Menurut informasi yang dihimpun jenazah almarhum H. Harmoko akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta pada Senin (5/7/2021) secara protokol Covid -19. (emo).