Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Safari Ramadhan Camat Raba Sekaligus Beri Pembinaan Para Lurah

Rabu, 21 April 2021 | 3:50 AM WIB Last Updated 2021-04-20T19:53:10Z

 

Kota Bima, Lensa Pos Online - Camat Raba, H. Ahmad, S.Ag, MM menggelar kunjungan safari ramadhan tingkat Kecamatan Raba, selasa (19/4/2021). 


Camat Raba yang didampingi Kasi Trantib, Darwis, S.Sos, melaksanakan kunjungan Safari Ramadhan di Kelurahan Rabadompu Barat, sekaligus memberikan pembinaan kepada para Lurah dan Seklur se Kecamatan Raba. 


Selain Pemerintah Kecamatan Raba, Kunjungan safari ramadhan tersebut juga melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Raba, antara lain Kapolsek Rasanae Timur, Danramil, Kepala KUA Kecamatan Raba, MUI Kecamatan Raba, DMI dan Sekcam serta Kasi Trantib.  


Camat Raba H. Ahmad, S.Ag, MM menjelaskan, bahwa kegiatan safari ramadhan dalam rangka memaknai bulan suci dan syiar ramadhan 1442 H. Menurutnya, Pemerintah Kecamatan Raba melaksanakan safari ramadhan dibagi 3 kategori, yakni safari tarawih malam hari, safari subuh dan pembinaan kepada Lurah se Kecamatan Raba. 


Adapun jadwal untuk safari tarawih, menurut mantan Kabag Kesra ini, yakni masjid At Taqwa Kelurahan Penanae, masjid lailatul qodar kelurahan rabadompu timur, masjid Al Hikmah kelurahan rabangodu selatan, masjid Al Istiqomah kelurahan Rabangodu utara dan Masjid Al Munawarah Kelurahan Rite. 


Sementara untuk safari subuh sasaran ada 2 masjid, yakni masjid Baitul Hamid Kelurahan Penaraga dan masjid An Nur Kelurahan Rabadompu Barat. 


Sedangkan untuk pembinaan Lurah, tambahnya, dimulai Kelurahan Rabadompu Barat kemudian kelurahan rabangodu selatan, rabu (20/4) di kelurahan rabangodu utara, kelurahan Penaraga dan kelurahan Penanae. Sedangkan hari kamis kelurahan Nitu, kelurahan kendo dan kelurahan ntobo. 


Camat Raba, H. Ahmad, S.Ag, MM menjelaskan, safari ramadhan ini bertujuan meningkatkan syiar islam, sekaligus menyampaikan amanah pemerintah kota Bima dan Pemerintah Kecamatan Raba, terkait program pemberdayaan masyarakat Kelurahan. 


Termasuk kepatuhan masyarakat dalam menjaga lingkungan melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta menerapkan protokol kesehatan di era pandemi covid-19, dan juga kepada para ASN dihimbau untuk membayar zakat fitrah melalui Amil di Kecamatan. 


H. Ahmad juga menjelaskan sesuai ketentuan Baznas Kota Bima, bahwa nilai besaran zakat fitrah, yakni beras 2,5 kg atau uang Rp. 25 ribu. 


Sedangkan untuk sosialisasi lain dalam agenda safari ramadhan tersebut, yakni persiapan lomba kelurahan atau lomba kampung sehat yang diinisiasi Polda NTB. 



Sementara itu, dalam hal pembinaan Lurah, Pemerintah Kecamatan Raba lebih menekankan 4 poin, yakni menindaklanjuti Surat Edaran (SE) MenPAN RB dan SE Walikota Bima terkait dengan penyederhanaan birokrasi. kedua terkait dengan disiplin kerja selama ramadhan yakni jam masuk 08.00 dan jam keluar 14.30 untuk hari senin s/d kamis (tidak ada jam istrahat), kecuali hari jumat jam keluar pukul 16.00 karena ada jedah sholat jumatan. 


Ketiga agar mendukung program selama ramadhan antara lain safari ramadhan di mesjid-mesjid kelurahan yang sudah ditentukan, keempat mematuhi zakat fitrah bagi ASN yang ada dilingkup Kecamatan Raba, melalui Amil zakat OPD Kecamatan Raba, tutupnya melalui sambungan WhatsApp. (SUKUR)

×
Berita Terbaru Update