Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kompak, Personel Polsek Pekat Bersama Pemdes dan Warga Gotong Royong Perbaiki Pipa Air

Selasa, 09 Februari 2021 | 6:26 AM WIB Last Updated 2021-02-08T22:26:49Z


Dompu, koranlensapost.com - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan terjadinya luapan banjir. Hal itu mengakibatkan instalasi pipa air Dam Latonda Timur I yang melayani kebutuhan air bersih masyarakat di Desa Pekat dan Desa Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu mengalami kerusakan (patah). Sekitar dua minggu lamanya warga dua desa itu tidak mendapatkan pasokan air bersih sebagaimana biasanya.


Mengatasi keluhan warga, akhirnya personel Polsek Pekat dipimpin langsung Kapolsek IPDA Muh. Sofyan Hidayat, S. Sos bersama Pemerintah Desa setempat bersepakat melakukan gotong royong untuk memperbaiki instalasi perpipaan yang rusak tersebut.

"Setelah mendapat laporan dari warga dan berkoordinasi dengan pihak desa, anggota langsung bergerak bersama mendatangi lokasi kerusakan," ungkap Kapolsek melalui Paur Humas Polres Dompu AIPTU Hujaifah.


Dikatakannya perbaikan pipa dilaksanakan pada hari Senin, (8/2/2021) sekira pukul 09.00 Wita.  Meski harus berjibaku dengan terjalnya tebing dan bukit serta bergelut dengan dalamnya air sungai, tetapi hal itu tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk mendatangi lokasi pipa yang mengalami kerusakan untuk dilakukan perbaikan.



"Setelah dilakukan pengecekan bersama, ternyata pipanya patah dan dibiarkan lebih 2 (dua) pekan tanpa ada tindakan," jelas Kapolsek melalui Paur Humas.

Dengan peralatan seadanya, anggota personil bersama pemerintah desa langsung melakukan perbaikan.


"Pipanya diganti, di samping itu, juga dilakukan penggalian kemudian dicor untuk mengantisipasi hantaman arus, jika sewaktu-waktu banjirnya datang lagi," terangnya.

Setelah dilakukan perbaikan, air kembali dapat dimanfaatkan warga  sebagaimana biasanya. 


"Persediaan air di mata air ini, bisa sampai musim kemarau. Bahkan sampai musim hujan yang akan datang," ujarnya. 

Lebih lanjut Kapolsek mengingatkan kepada warga agar menjaga dan merawat instalasi perpipaan tersebut dan menjaga lingkungan di sekitar area mata air agar kebutuhan air bersih bagi masyarakat dapat tercukupi.


"Mari kita jaga dan rawat bersama pipa air ini termasuk keberadaan lingkungan di sekitar dam ini,"  pintanya. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update