Cegah Dini Bahaya Banjir, Polsubsektor Lakey Ajak Warga Gotong Royong

Kategori Berita

.

Cegah Dini Bahaya Banjir, Polsubsektor Lakey Ajak Warga Gotong Royong

Koran lensa pos
Sabtu, 16 Januari 2021

 

Dompu, koranlensapos.com - Kepolisian Sub Sektor Lakey intens mengajak masyarakat bergotong royong membersihkan parit dan selokan, hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir akibat luapan air yang tergenang, mengingat akhir-akhir ini intensitas curah hujan relatif tinggi. 


Saat ini juga banyak yang dilaporkan di beberapa tempat tengah dilanda banjir dan tanah longsor. Disamping kerugian materi, akibat bencana tersebut juga menyebabkan nyawa manusia hilang. Hal tersebut memicu kekhawatiran Anggota Polsubsektor Lakey. Pihaknya mengaku hal demikian jika tidak segera dilakukan langkah antisipasi, maka tidak menutup kemungkinan, banjir juga akan melanda seluruh wilayah di Kabupaten Dompu khususnya. 


Kegiatan Gotong royong Polsubsektor Lakey dan Warga yang dilaksanakan hari Jum'at, (15/1/2021), sekitar Pukul 09.30 Wita, diawali di Dusun Ncangga, Desa Hu'u, Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu. Pihak Polsubsektor Lakey bersama beberapa pemuda dan warga setempat bergotong royong membersihkan parit atau selokan yang telah tertimbun tanah. 


Kapolsubsektor Lakey, Aiptu Agusta menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan setelah pihaknya melihat kondisi parit cukup memperihatinkan. Saluran parit tersebut mengalami pendangkalan akibat tumpukan sampah dan tanah yang kemungkinan bawaan aliran banjir sebelumnya.


Kondisi demikian, praktis mendorong pihaknya untuk segera mengajak komponen masyarakat agar bersama mengambil bagian dalam upaya cegah dini akan terjadinya banjir.


"Selama tumpukkan tanah tersebut dapat menyumbat aliran air, kemungknan besar air dapat meluap dan menyebabkan banjir merendam rumah warga sekitar," ujar Kapolsubsektor.


Giat gotong royong Anggota Polsubsektor Lakey bersama bersama elemen pemuda dan masyarakat tersebut, mendapat respon positif dari warga sekitar yang menyaksikan sekaligus ikut membantu kegiatan gotong royong.


"Kita juga mendapat dukungan dari masyarakat setempat, sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kepolisian khususnya Anggota Polsubsektor Lakey yang telah turut serta membantu dalam pelaksanaan gotong royong tersebut," terangnya.


Disamping itu, pihaknya tidak lupa mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, terutama di saluran air. 


Masyarakat juga diminta agar tetap waspada akan kemungkinan datangnya wabah Demam Berdarah Dangue (DBD) dan Covid-19. Untuk itu sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan, memakai masker, menutup tempat pemampungan air serta menjaga jarak bila ada warga yang dikenai dampak wabah tersebut. (TIM)