Kapolres Silaturrahim ke Kantor Bawaslu Dompu

Kategori Berita

.

Kapolres Silaturrahim ke Kantor Bawaslu Dompu

Koran lensa pos
Senin, 08 Juni 2020

Dompu, Lensa Pos NTB - Menjelang perhelatan PILKADA di Kabupaten Dompu Kapolres Dompu AKBP SYARIF HIDAYAT SH. S.I.K gencar melakukan silaturahim kepada beberapa tempat baik itu simpul sosial maupun lembaga pemerintah yang berkorelasi langsung dengan perhelatan Pilkada. 
Pada hari Senin (8/6/2020) sekitar pukul 10.08 Wita ini, Kapolres bersilaturrahim di Kantor Bawaslu Kabupaten Dompu. 
Paur Subbag Humas Polres Dompu
AIPTU Hujaifah menyebutkan kunjungan Kapolres Dompu didampingi Kasat Reskrim IPTU IVAND ROLAND C. dan Kasat Intelkam IPTU Makrus, S.Sos yang disambut oleh ketua Bawaslu Kabupaten Dompu Drs. Irwan didampingi oleh Swastari Haz, S.H. selaku Kordiv Hukum Penindakan dan pelanggaran bersama Staff Bawaslu Kabupaten Dompu.

Pada kesempatan tersebut Kapolres menyampaikan bahwa Pemilu di tahun ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena saat ini berada di Pandemi Covid-19. 

"Keadaan New Normal adalah kehidupan biasa berstandar Protokol kesehatan COVID-19. Kita harus tegas memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait hal tersebut," jelas Kapolres.

Mengenai Program Kampung Pengawasan yang dicanangkan oleh Bawaslu, Kapolres memberi masukan agar desa/kelurahan yang dipilih sebagai percontohan adalah yang memenuhi kriteria seperti terbebas dari money politik, partisipasi yang tinggi, dan warganya tidak mempercayai berita hoax. 
Forkopimda Kabupaten Dompu akan diundang untuk menunjuk dan melaunching Kampung Pengawasan  sebagai contoh. 

Lebih lanjut dibahas pula tentang kegiatan kampanye yang dilakukan masing-masing calon. Kapolres meminta pelaksanaan kampanye tidak dilakukan di lapangan atau tempat terbuka karena akan menimbulkan pengerahan massa pendukung dari masing-masing pasangan calon. Kerumunan massa ini tidak sesuai.dengan protokol kesehatan Covid -19.

"Ada ketentuan yang harus ditepati jika melanggar akan dikenakan sanksi tidak dapat melakukan kampanye," tegasnya.

Bawaslu juga diminta untuk memperketat pengawasan karena banyak oknum ASN terlibat dalam politik praktis.
Pada saat menjelang pelaksanaan Pilkada juga akan dilakukan penandatanganan pakta integritas untuk mewujudkan Pilkada yang damai dan setiap paaangan calon juga akan menandatangani pernyataan Siap Kalah.
"Saya akan kordinasikan dengan KPU dan Bawaslu tentang Pernyataan penandatanganan  Pakta Integritas  'Siap Kalah'," ungkap Kapolres.

Pada kesempatan.tersebut Ketua Bawaslu Dompu Drs. Irwan menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Kapolres Dompu AKBP SYARIF HIDAYAT S.H, S.I.K yang telah berkunjung dan silaturahmi di Kantor Bawaslu Dompu. 

Dikayakannya dengan adanya Pandemi COVID-19 pihaknya akan melakukan pemetaan ulang dengan keadaan new normal terkait Keputusan KPU tentang pemilu.

"Kami juga akan mendata kembali 10 kampung pengawasan yang kami follow up dan kita akan jadikan 1 Kampung Pengawasan sebagai percontohan sesuai dengan kriteria yang masuk," ujarnya. 

Irwan mengatakan pihaknya akan mengkoordinasikan dengan  Pemda Dompu untuk mengajukan anggaran  terkait APD, Handsanitizer masker untuk kebutuhan BAWASLU. 

"Mengenai oknum ASN yang terlibat akan kami tindak lanjuti dan akan bisa terkena tindak pidana Pemilu," tegasnya

Kegiatan berjalan aman dan tertib berakhir Pukul 10.55 Wita berlangsung dengan aman dan kondusif. (AMIN).