Polres Bima dan TNI Kawal dan Amankan Pendistribusian Dana BST Kemensos

Kategori Berita

.

Polres Bima dan TNI Kawal dan Amankan Pendistribusian Dana BST Kemensos

Koran lensa pos
Kamis, 21 Mei 2020

Bima, Lensa Post NTB – Dana Bantuan Sosial Tunai (BST) Program Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, hari ini rabu (20/5/2020) mulai dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam rangka penanggulangan dampak sosial ekonomi akibat Pandemi Corona (Covid-19). Khusus di Wilayah Kabupaten Bima, pembayaran dilakukan di masing-masing Kecamatan.

Untuk kelancaran dan keamanan pendistribusian Dana BST yang di Lounching resmi oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, pagi tadi, rabu (20/5/2020), agar bantuan tersebut tepat sasaran bagi Penerima Manfaat. Jajaran Kepolisian Resort Bima dan Personil Kodim 1608/ Bima tetap mendampingi dan mengamankan selama pencairan BST senilai Rp. 600 ribu per Kepala Keluarga (KK) itu berlangsung. Pembayaranpun dilakukan di Kantor-kantor Pos terdekat.

Hadir dalam acara lounching pagi tadi, yakni : Bupati Bima, Hj.Indah Dhamayanti Putri ,SE, Kadis Sosial Kabupaten Bima, Drs. Sirajudin, M.AP, Kepala Bakesbanglinmas Edi Tarunawan, Camat Woha, Irfan Dj,SH, Kapolsek Woha IPTU Edy Prayitno, Kepala Pos Cabang Bima Kriesna Adi Nugraha, Bhabinkamtibmas Desa Tente Bripka Abdul Talib, Bhabinsa Desa Tente Sertu Faris dan Anggota Polsek Woha.

Adapun rincian pembayaran BST dimasing-masing Kecamatan, yakni 1. Kecamatan Bolo, pembayaran dilakukan melalui Kantor Pos Sila pada rabu sore tadi pukul 15.00 wita, dengan sasaran 5 Desa, antara lain : a). Desa Nggembe sebanyak 225 KK, b). Desa Rada sebanyak 175 KK, c). Desa Kananga sebanyak 224 KK, Desa Leu sebanyak 277 KK dan Desa Bontokape sebanyak 179 KK. Sedangkan untuk besok, kamis (21/5/2020) mulai pukul 09.00 wita, pembayaran masih di Kecamatan Bolo, dengan sasaran 5 Desa, yakni a). Desa Rato sebanyak 372 KK, b). Desa Sanolo sebanyak 257 KK, c). Desa Sondosia sebanyak 174 KK, d). Desa Rasabou sebanyak 308 KK dan e). Desa Tambe sebanyak 289 KK.

Selain di Kecamatan Bolo, beberapa Desa lain juga mendapatkan bantuan yang sama, misalnya Desa Tente sebanyak 193 KK, Desa Ngali sebanyak 88 KK, Desa Renda sebanyak 218 KK, Desa Soki sebanyak 83 KK, Desa Diha sebanyak 40 KK. Pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI tersebut berakhir pukul 17.20 wita dan dimonitor langsung oleh 1 (Satu) pleton Anggota Dalmas Polres Bima dibawah kendali Kapolsek Woha IPTU Edy Prayitno.

Hasil pantauan di Kecamatan Soromandi, pendistribusian juga dilakukan melalui Kantor Pos Desa Bajo Kecamatan Soromandi, dengan sasaran 7 Desa, yakni : 1). Desa Lewintana dengan jumlah penerima sebanyak sebanyak 46 KK, 2). Desa Bajo dengan jumlah penerima sebanyak sebanyak 65 KK, 3) Desa Punti dengan jumlah penerima sebanyak 56 KK, 4). Desa Wadukopa. dengan jumlah penerima sebanyak 23 KK, 5). Desa Kananta dengan jumlah penerima sebanyak 65 KK, 6). Desa Sai dengan jumlah penerima sebanyak 119 KK, 7). Desa Sampungu dengan jumlah penerima sebanyak 73 KK.

Sedangkan 3 Desa di Kecamatan Sanggar, juga mendapatkan kucuran dana BST, yakni Desa 1). Desa Kore penerima sebanyak 183 KK, 2). Desa Boro dengan jumlah penerima sebanyak 90 KK
Dan 3). Desa Piong dengan jumlah penerima sebanyak 74 KK. Sementara di Kecamatan Palibelo, ada 3 Desa yang menjadi sasaran kucuran dana BST, yakni 1). Desa Belo dengan jumlah penerima sebanyak 144 KK, 2). Desa Nata dengan jumlah penerima sebanyak 191 KK, dan 3). Desa Dore dengan jumlah penerima sebanyak 59 KK.

Adapun di wilayah Kecamatan Monta, ada 3 Desa yang mencairkan dana BST melalui Kantor Pos cabang Pembantu Tangga, yakni : 1). Desa Baralau dengan jumlah penerima sebanyak 148 KPM, 2). Desa Monta dengan jumlah penerima sebanyak 112 KPM, 3). Desa Pela dengan jumlah penerima sebanyak 132 KPM. Selama Penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI berjalan dengan aman dan lancar serta dimonitor langsung oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa masing-masing Desa. (TIM)