Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

KPU Dompu Sosialisasi Tahapan Pemilihan dan Pencalonan Bupati dan Wabup Dompu 2020

Kamis, 06 Februari 2020 | 12:20 PM WIB Last Updated 2020-02-06T14:32:16Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dompu, Kamis (6/2/2020) pukul 09.30 Wita melakukan kegiatan Sodialisasi Tahapan Pemilihan dan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Dompu itu dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Dompu, Arifuddin.
Sosialisasi ini diperuntukkan bagi Pengurus Partai Politik dan instansi terkait.
Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu Drs. Irwan, Kasat Intelkam Polres Dompu IPTU Abdul Haris, Pasi Intel Kodim 1614 Dompu Kapten Inf. Muslimin, Drs. Imran dari Dinas Dukcapil Kabupaten Dompu serta puluhan Pengurus Partai Politik dan instansi terkait di Kabupaten Dompu.
Arifuddin pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pasangan calon minimal harus memenuhi syarat dukungan partai minimal 20 % dari jumlah kursi di DPRD. 
"Karena jumlah kursi di DPRD Kabupaten Dompu 30 kursi, maka 20 persennya adalah 6 kursi," jelasnya.
Sedangkan bagi pasangan calon perseorangan adalah 10 % dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir.
"DPT terakhir di Kabupaten Dompu adalah 162.180 orang berarti 10 persennya adalah 16.218 orang," jelasnya.

Dikatakannya ketentuan ini mengacu pada Peraturan KPU RI Nomor 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.
Tampil sebagai narasumber Kasat Intelkam Polres Dompu IPTU Abdul Haris menyajikan materi tentang Kesiapan Polres Dompu Dalam Pengamanan Pemilukada Kabupaten Dompu 2020, Ketua Bawaslu Dompu Drs. Irwan tentang Peran Bawaslu dalam Menjalankan Tugas dan Fungsi Pengawasan.
Drs. Imran dari Dinas Dukcapil Kabupaten Dompu tentang Administrasi Kependudukan Terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020.

Ketua Divisi Sosialisasi
Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM KPU Dompu Sulastriana, SE tentang Tanggal-Tanggal Penting Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020, dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Anshory, SE tentang Tata Cara Pencalonan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020.

Usai pemaparan dari kelima narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Kaeubbag Teknis, Drs. Muhammad Yamin.
Sejumlah peserta mempertanyakan  tentang netralitas ASN, kampanye hitam, money politic, penyebaran isu-isu hoax di medsos. (AMIN).



×
Berita Terbaru Update