BMKG Bima : Waspada Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Hingga Sepekan Ke Depan

Kategori Berita

.

BMKG Bima : Waspada Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Hingga Sepekan Ke Depan

Koran lensa pos
Kamis, 27 Februari 2020

S. Topan Primadi, S.Si - Kepala BMKG Bima
Bima, Lensa Pos NTB – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bima, Satria Topan Primadi, S.Si menjelaskan bahwa Wilayah Bima dan Dompu saat ini telah memasuki puncak Musim hujan 2019/2020. Tak heran jika terjadi peningkatan curah hujan di wilayah Bima dan Dompu. BMKG dalam prakiraan cuaca sebelumnya telah menjelaskan bahwa potensi cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di wilayah Bima dan Dompu hingga periode Maret mendatang.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu; aktifnya angin baratan (monsoon Asia) yang menandakan musim hujan berlangsung, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif, kondisi suhu muka laut disekitar perairan Bima dan Dompu berkisar antara 29 – 31 sehingga cukup panas dan meningkatkan aktivitas penguapan. Selain itu, kondisi tersebut didukung oleh kondisi kelembapan udara dalam kondisi basah hingga lapisan 200 hPa dan faktor lokal kondisi atmosfer di wilayah Bima dan Dompu yang terpantau labil sehingga menyebabkan proses konektivitas (perpindahan panas/penguapan) meningkat.

Imbas dari faktor-foktor tersebut menyebabkan massa udara basah terkonsentarasi di wilayah Bima dan Dompu sehingga menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujanpun meningkat.
Keberadaan badai tropis “FERDINAND” yang mulai terdeteksi pada tanggal 24 Februari di Perairan Samudera Hindia Selatan NTB juga mempengaruhi kondisi cuaca wilayah Bima dan Dompu, hal tersebut  menyebabkan terbentuknya pola pertemuan massa udara di wilayah Bima dan Dompu. Selain itu, badai tropis “FERDINAND” menyebabkan peningkatan kecepatan angin di sekitar Perairan Selatan Bima dan Dompu serta perairan Samudera Hindia selatan NTB. Berdasarkan kondisi tersebut BMKG Bima memprakirakan dalam periode sepekan ke depan terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai Kilat/Petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Bima dan Dompu, serta waspadai tinggi gelombang lebih dari 2 meter di perairan Selatan Bima dan Dompu serta perairan Samudera Hindia selatan NTB.

Dengan adanya kondisi diatas, Kepala BMKG Bima mengimbau Masyarakat agar tetap waspada dan berhati -hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan jalanan licin. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Bima membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui :
Telp Operasional On Duty : 0822340448422
Website: http://stametbima.com/ atau http://web.meteo.bmkg.go.id/
Follow @infobmkg, playstore: InfoBMKG
Facebook : BMKG Bima
Instagram : @bmkgbima