Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dandim 1614/Dompu Kunker ke Manggelewa

Kamis, 30 Januari 2020 | 8:36 PM WIB Last Updated 2020-01-30T12:51:40Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Komandan Kodim 1614/Dompu, Letkol Inf. Ali Cahyono, S. Kom dan Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) XXVIII Cabang Dompu beserta rombongan melakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Manggelewa.

Kunker yang dilaksanakan pada hari Kamis (30/1/2020) pukul 09.00 Wita itu dipusatkan di Markas Komando (Mako) Koramil 1614-06/Manggelewa.
Kehadiran Dandim beserta rombongan disambut oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dompu Bpk Jamaluddin, S.Sos, Camat Manggelewa Drs. Ismail, Sekcam Manggelewa, Kapolsek Manggelewa diwakili Kanit, Kepala KUA Kecamatan Manggelewa, Drs. H. Lukman, Kepala UPT KB Manggelewa, M. Irianto, Ketua MUI Kecamatan Manggelewa H. Usman, para Kades, Toga, dan Toda Kecamatan Manggelewa serta seluruh Personil Koramil 1614-06/Manggelewa dan Anggota Polsek Manggelewa.


Dalam laporannya, Danramil 1614-06/Manggelewa  Kapten Inf. Mujiono menyampaikan tentang Geografis, Demografis, dan Komsos di Wilayah Kecamatan Manggelewa. Disebutnya Personel Koramil 1614-06/Manggelewa berjumlah 21 orang (12 orang Babinsa, Material  2 unit rumah, Lahan 6, 7 are, Jumlah Desa 12 Desa dan 69 dusun, Geografis: Suku majemuk Dompu, Bima, Sasak, Bali dan Jawa dan berideologi  Pancasila dan UUD 1945.

Dandim dalam sambutannya mengemukakan Kecamatan Manggelewa ini merupakan jalur utama yang menghubungkan 3 (tiga) kecamatan yakni Kecamatan Kempo, Kecamatan Pekat serta Kecamatan Kilo. Hal ini memungkinkan adanya kerawanan akan terjadinya konflik.
Untuk itu, Dandim meminta kepada Danramil Manggelewa agar selalu berkoordinasi yang baik setiap ada kegiatan atau ketika ada kendala kondisi sosial agar tetap bekerja sama dengan semua pihak.

"Tugas TNI dalam hal ini TNI AD melaksanakan tugas operasi militer untuk perang dan  operasi militer selain perang," jelasnya.

Dijabarkan Dandim tugas militer selain perang ada 14 yakni  1) Mengatasi gerakan separatis bersenjata; 2)Mengatasi pemberontakan bersenjata;
3) Mengatasi aksi terorisme;
4) Mengamankan wilayah perbatasan; 5) Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis; 6) Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri;
7) Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya; 8) Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta; 9) Membantu tugas pemerintahan di daerah;
10) Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang;
11) Membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia;
12) Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan;
13) Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue); serta
14) Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan dan penyelundupan.

"Salah satu tugas yang kita laksanakan yaitu membantu Pemda dalam pembangunan, membantu Kepolisian dalam menciptakan Kamtibmas di wilayah. Salah satu aplikasi membantu Pemda dalam meningkatkan pembangungan  adalah selalu koordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah di tingkat Desa," terangnya.

Selanjutnya Dandim mengimbau berkaitan dengan cuaca yang diperkirakan puncak hujan pada bulan Februari 2020 ini. 
"Mari kita antisipasi terjadinya banjir, tanah longsor dengan melakukan kegiatan-kegiatan gotong royong seperti membersihkan saluran dan got-got yang tersumbat," ajaknya.

Secara khusus Dandim berpesan kepada para seluruh prajurit agar 
menjaga martabat TNI Dengan berpedoman pada Santiaji kita Sapta Marga sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, menjaga Pola hidup Sehat, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,  menjaga keharmonisan rumah tangga, dan menghindari pelanggaran dan setiap ada permasalahan agar segera melapor atau menyampaikan kepada atasannya agar segera diselesaikan.

Lebih lanjut Dandim menegaskan dalam menghadapi Pilkada agar tetap menjaga netralitas.
"Jangan ada keterpihakan kita kepada salah satu Calon," tegasnya sembari mrngingatkan agar senantiasa menjalin hubungan komunikasi antara babinkamtibmas, Babinsa maupun Pemerintah Desa.
"Mari kita bersinergi untuk membantu masyarakat," ajaknya.
Pada pukul 10.30 Wita, dilanjutkan dengan kegiatan penanaman di lokasi Dam Tanju dan santap siang bersama.
(AMIN).


×
Berita Terbaru Update