Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemuda Kelurahan Bali Sulap Sampah Jadi Tas dan Dompet Cantik

Minggu, 24 November 2019 | 2:40 PM WIB Last Updated 2019-11-24T06:40:26Z


Dompu, Lensa Pos NTB - Suatu langkah kreatif dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Bali Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu bekerja sama dengan Karang Taruna setempat.

Pemuda-pemuda setempat diberi pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari bahan gelas dan botol plastik bekas. 
Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Kelurahan Bali tersebut bertajuk ""Pelatihan Bank Sampah" dan berlangsung selama 2 hari  yakni 23-24 November 2019. 
Hadir sebagai peserta pelatihan sejumlah Ketua RT dan 10 pemuda sebagai peserta yang ada di empat lingkungan, yaitu Swete Timur, Swete Barat, Bali Timur, dan Bali Barat. 

Pelatihan bank sampah ini bersumber dari anggaran kelurahan yang bertujuan untuk melatih keterampilan Pemuda Bali dalam mengelola sampah yang tak berguna menjadi nilai jual tinggi. 
"Kami harap ini menjadi kekuatan para pemuda dalam mengasah kemampuan berkreativitas," kata Lurah Bali, Zurriadin, SE atau yang familiar disapa Ama Beko.

K
Tutor dalam kegiatan ini Adhar Aprianto, S. Pd, Kepala SMK We Save Creative International Islamic School yang memberi pelatihan mengolah sampah plastik menjadi sebuah tas dan dompet cantik lagi keren.

"Dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan edukasi kepada pemuda, bahwa sampah bisa memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat bila dapat dikelola dengan baik," ungkap Sekjen Karang Taruna, Andi Hermawan, S. Kom. 
Andi mengatakan sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos dan sampah anorganik bisa menghasilkan buah karya kerajinan tangan seperti pembuatan dompet, tas, gelang dan lain-lain.

"Kami berharap Kelurahan Bali bisa menjadi kelurahan yang bersih dari sampah dan masyarakatnya bisa mandiri dan kreatif," harapnya mengakhiri. 
Hadir pula memberikan materi dalam acara tersebut, Yani Hartono, SP, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu dan Rahmat Hidayat Asisten Manager Penjualan PT Pegadaian (Persero) Se Pulau Sumbawa. (AMIN).

×
Berita Terbaru Update