Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Loka POM Bima Beri Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi UMKM Produk Olahan

Selasa, 26 November 2019 | 7:26 PM WIB Last Updated 2019-11-26T11:26:35Z


Bima, Lensa Pos NTB - Untuk meningkatkan kapasitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Loka POM di Kabupaten Bima mengadakan Penyuluhan Keamanan Pangan bagi UMKM Pangan Olahan. 
Acara yang dihelat di Gedung PKK Kabupaten Bima pada 16-17 November 2019 itu diikuti sebanyak 50 peserta dari 2 kecamatan yakni Kecamatan Wawo dan Kecamatan Bolo. 

Dua kecamatan tersebut dikenal sebagai penghasil komoditi produk UMKM berupa bubuk kunyit dan pembuatan kue kering. Salah satunya adalah Pangaha Bunga (jajan bunga).

Acara Penyuluhan Keamanan Pangan dibuka oleh Rostiati, S.Pd selaku Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bima dan dilanjutkan oleh pemaparan materi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Bapak M. Farid S.Sos terkait Materi “Hygiene dan Sanitasi Sarana Produksi PIRT dan UMKM Penggerak Ekonomi Kerakyatan” serta materi Perundang-undangan Bidang Pangan, CPPB (Cara Produksi Pangan yang Baik) bagi Industri Rumah Tangga (IRT) dan Penggunaan Bahan Tambahan Pangan. 

Pada Hari ke-2 diberikan pemaparan materi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima, Nuryakin ST, M.Si berjudul “Tata Cara Desain Pengemasan Produk yang Baik dan Menarik untuk Mendongkrak Penjualan Produk”. Selanjutnya pemaparan materi oleh Ibu Hastin Pemilik Sarana Produksi Pangan Olahan “Kalin Food” Kota Bima dengan topik “Strategi Pemasaran dan Penjualan yang Baik untuk Pelaku UMKM Pangan Olahan untuk Merambah Market Lokal dan Nasional”. Dan yang terakhir penyampaian materi oleh petugas Loka POM di Kabupaten Bima dengan materi “Label dan Iklan Pangan, Pengemasan dan Penyimpanan Produk dan Keamanan Pangan” dan “Pengenalan terkait aplikasi BPOM Mobile, Cek BPOM, BPOM e-Public Warning dan E-Registrasi Pangan".

"Dengan dilakukan acara Penyuluhan Keamanan Pangan bagi UMKM Pangan Olahan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam produksi pangan yang aman dan bermutu serta UMKM mendapatkan kesempatan untuk memperoleh Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan dalam rangka pengajuan SPPIRT serta masyarakat terlindungi dari konsumsi pangan yang merugikan terhadap kesehatan," jelas Kepala Loka POM Bima, Yogi A. Baso Mataram seraya menegaskan semboyan 
“Keamanan Pangan Tanggung Jawab Kita Bersama” dan "Badan POM Melindungi dan Melayani Masyarakat”. (AMIN)

×
Berita Terbaru Update