Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu Gelar Festival Pangan Lokal B2SA

Jumat, 04 Oktober 2019 | 8:27 AM WIB Last Updated 2019-10-04T00:27:20Z

Bupati HBY bersama tim dari Ditjen PKH Kementan RI meninjau pelaksanaan lomba sajian menu pangan lokal yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Kab. Dompu di Lap. Beringin Dompu, Kamis (3/10/2019).
Dompu, Lensa Pos NTB - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Kamis (3/10) menggelar Kegiatan Festival Pangan Lokal B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman).

Kegiatan tersebut dihelat di.Lapangan Beringin Kantor Pemda Dompu bersamaan dengan Kontes Ternak dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu.

Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Muhammad Fagih, S. Pt mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan pangan lokal khas Dompu sehingga masyarakat Dompu sendiri dapat mengonsumsi pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang dan aman.
"Masyarakat jangan hanya makan makanan dari beras atau terigu saja tetapi beragam," ujarnya.

Dikatakannya lomba masakan pangan lokal B2SA itu diikuti oleh PKK Kecamatan serta pengusaha  katering yang ada di Kabupaten Dompu.
"Juara lomba di tingkat kabupaten ini akan mengikuti lomba di tingkat provinsi tanggal 15 Oktober ini," ungkapnya.

Pantauan langsung media ini nampak tim juri yang terdiri dari Hj. Suharti Soehartomo, S. Pd (TP PKK Kabupaten Dompu), Hj. Yuniar Kurniati, S. Sos (IK Boga Kabupaten Dompu) dan Aminuddin, S. Gz (Ahli Gizi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu) mendatangi satu persatu sajian masakan yang ditampilkan oleh masing-masing peserta untuk diberikan penilaian. Tim juri juga menanyakan kepada peserta nama masakan, kreasi menu, aneka bahan lokal yang digunakan, serta nilai gizi yang terkandung dalam setiap menu yang disajikan.
Menu yang dilombakan dalam featival ini adalah sajian makan siang (lunchbox) dan menu kudapan.
Kegiatan ini juga disaksikan oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Dr. Drh. I Ketut Diarmita, MP beserta rombongan didampingi oleh Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Ir. Hj. Budi Septiani dan Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin beserta jajaran pimpinan Forkopimda dan OPD.
Kegiatan diakhiri dengan pengumuman juara kedua jenis lomba tersebut oleh Ketua Tim Juri, Hj. Suharti Soehartomo. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update