Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Si Jago Merah 'Mengamuk', 4 Rumah di Dompu Ludes

Kamis, 22 Agustus 2019 | 8:27 AM WIB Last Updated 2019-08-22T00:27:07Z
Kebakaran diduga akibat korsleting listrik di Desa Bakajaya Kec. Woja - Dompu, Rabu (21/8)
 Dompu, Lensa Pos NTB -  Kebakaran hebat yang terjadi di Dusun Woro Utara Desa Baka Jaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB, pada Rabu siang (21/8) sekitar pukul 11.00 Wita
mengakibatkat 4 unit rumah warga rata dengan tanah. Sementara 4 unit rumah lainya mengalami rusak ringan.

Diketahui api bersumber dari salah satu rumah panggung milik warga atas nama Syamsudin. Penyebab kebakaran diduga karena terjadinya korsleting listrik atau arus pendek di rumah tersebut.


Akibat amukan si jago merah ditambah dengan tiupan angin cukup kencang melalap seluruh isi rumah. Sehingga dalam waktu sekejap telah rata dengan tanah. 

Warga setempat berupaya untuk memadamkan api yang terus menyasar ke rumah-rumah tetangga dengan peralatan seadanya.
Namun usaha tersebut tak mampu meredakan kobaran api yang mengerikan itu. Sehingga 3 rumah lainnya juga mengalami kondisi yang sama, rata dengan tanah. Sedangkan 4 rumah lainnya meski sempat terbakar juga, namun berhasil disiram dengan air dari mobil pemadam kebakaran sehingga hanya sebagian yang tersambar api.
Puing-puing rumah pasca kebakaran di Desa Bakajaya, Rabu (21/8)
"Sumber api dari arah barat, pada salah satu rumah warga yang benama Syamsudin," ungkap Kepala Desa Bakajaya Umar Abakar yang ditemui media ini di lokasi kejadian.
Umar menyebutkan akibat peristiwa ini banyak kerugian materi yang dialami warganya yang mengalami bencana tersebut. Namun ia belum bisa menghitung jumlah kerugian akibat kejadian tersebut.

"Kami belum bisa memastikan berapa kerugian akibat kebakaran ini,"  ucapnya.
Untuk itu, ia berjanj akan segera bermusyawarah dengan lembaga desa guna membantu warganya yang mengalami musibah tersebut.

"Mulai besok saya akan bermusyawarah dengan Lembaga Desa, untuk memikirkan korban kebakaran ini, mungkin kita akan mendirikan rumah nanti atau bagaimana," ujarnya.

Respon cepat datang dari pihak Pemerintah Daerah, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu. 

Usai kejadian langsung memberikan bantuan tanggap darurat yang dipimpin langsung oleh Kepala BPBD Kabupaten Dompu, Drs. Imran M. Hasan.

"Bantuan yang diberikan BPBD Kabupaten Dompu ini berupa, mie instan 40 dus, Aqua masing-masing 3 Dus, tikar, jerigen, ember dan lainnya," sebutnya.

Dikatakan Imran, bahwa bantuan ala kadar tersebut adalah bentuk perhatian Pemerintah Daerah melalui BPBD agar warga Desa Bakajaya yang mengalami kebakaran rumah dapat sedikit ringan bebannya.(Din)
×
Berita Terbaru Update