Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-79, Pemda Dompu Helat Rakor

Kategori Berita

.

Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-79, Pemda Dompu Helat Rakor

Koran lensa pos
Rabu, 10 Juli 2024
Rakor Persiapan Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024 di Ruang Rapat Sekda Dompu, Rabu (10/7/2024)


Koranlensapos.com - Untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 tahun 2024, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menggelar Rapat Koordinasi bersama Forkopimda dan OPD terkait. Kegiatan itu berlangsung di Ruang Rapat Sekda Dompu, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan yang dipimpin Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra itu dihadiri Dandim 1614/Dompu yang diwakili Pasipers Kapten Inf. Arif Budimansyah, para Asisten, Pimpinan OPD dan Kabag Lingkup Setda Dompu.
Untuk diketahui tema HUT RI ke-79 tahun 2024 ini yaitu "Nusantara Baru Indonesia Maju".

Sekda menyampaikan pertemuan tersebut untuk membahas berbagai persiapan dan jenis kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 79 tahun 2024.

"Terkait pelaksanaan Upacara kami telah menyusun mulai dari inspektur upacara sampai dengan para peserta upacara, namun pembahasan kita pada hari ini terkait dengan pelaksanaan lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 79 tahun 2024," ucapnya.

Sekda mengimbau dalam menyambut HUT RI ke-79 ini agar memasang 
Bendera Merah Putih, umbul-umbul dan spanduk di setiap lingkungan kantor, lembaga pemerintahan/swasta, sekolah-sekolah dan rumah masyarakat di sepanjang sisi jalan utama, jalan kecamatan/kelurahan dan desa sejak tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2024 secara serentak. Juga spanduk/baliho yang memuat  tema "Nusantara Baru Indonesia Maju".

Selanjutnya Sekda mengimbau untuk dilaksanakan gotong royong, perbaikan, pemeliharaan, pengecatan pagar/gapura bernuansa merah putih, menata keindahan dan menjaga kebersihan serta ketentraman di lingkungan kantor dan lingkungan
kecamatan, kelurahan, desa sampai ke RT dan RW masing-masing. 

Di samping itu diimbau untuk memasang lampu jalan, lampu hias atau lampu penerangan lainnya pada halaman dinas/badan/ instansi/kantor/rumah/hotel/restoran/ pertokoan/ ruang publik/taman kota dan lain-lain ruang publik. 

"Pada tanggal 17 Agustus 2024 pukul 10.17 Wita sampai dengan pukul 10.20 Wita selama 3 menit, menghentikan semua kegiatan, berdiri tegak saat Lagu Indonesia Raya dikumandangkan," imbau Sekda.

Selanjutnya Sekda menginstruksikan agar berpartisipasi aktif dalam memeriahkan dan menyemarakkan Peringatan Detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Dompu baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun pihak-pihak lainnya.

Selain itu juga mengadakan kegiatan perlombaan secara serentak dalam memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Dompu.

Pasi Pers Kodim 1614/Dompu Kapten Czi Arif Budimansyah mengusulkan kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ke 79 tahun 2024 di wilayah Kabupaten Dompu agar Pemerintah Daerah kabupaten Dompu mengadakan lomba-lomba yang bermanfaat sekaligus untuk mencari bibit bagi para remaja seperti lomba lari, renang, dan lainnya.

Demikian pula terkait lomba gerak jalan tingkat sekolah agar para sekolah melatih dengan sungguh sungguh.

Untuk kegiatan tarik tambang, Pasipers mengusulkan agar  dilaksanakan di tingkat desa/kelurahan, selanjutnya naik ke tingkat kecamatan.

"Yang menang di tingkat kecamatan baru dilombakan atau merebut juara di tingkat kabupaten," usulnya.


Sedangkan untuk lomba kebersihan dimulai dari tingkat desa/kelurahan dan tingkat kecamatan.

"Yang menang di tingkat kecamatan baru dilombakan atau merebut juara di tingkat kabupaten," usulnya lagi. (emo).