Usai Acara Malam Langsung Beraksi, DLH Pastikan Lokasi Dompu Expo Zero Sampah

Kategori Berita

.

Usai Acara Malam Langsung Beraksi, DLH Pastikan Lokasi Dompu Expo Zero Sampah

Koran lensa pos
Minggu, 30 Juni 2024
Pembersihan sampah malam hari usai acara sekitar pukul 24.00 Wita oleh petugas DLH di lokasi Dompu Expo. Pembersihan ini berlangsung setiap malam selama kegiatan Dompu Expo berlangsung



Koranlensapos.com - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu selaku penanggung jawab kebersihan selama pelaksanaan event "Dompu Expo 2024" di Lapangan Karijawa bekerja ekstra di dalam menangani persampahan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu, Jufri M. Saleh mengungkapkan pihaknya bertanggung jawab mengatasi area pelaksanaan Dompu Expo sehingga bersih dari sampah langsung usai acara pada setiap malam.

Kadis LH mengaku telah membentuk tim khusus dipimpin Kabid Kebersihan dan Persampahan, Muh. Iqbal yang mengatasi persoalan kebersihan selama pelaksanaan event Dompu Expo 2024 di Lapangan Karijawa.

Pengangkutan sampah oleh petugas DLH di Lapangan Karijawa tempat pelaksanaan Dompu Expo 2024 berlanjut sampai pagi hari hingga lokasi benar-benar zero sampah

"Anggota kami setiap malam kadang-kadang mulai jam 12 sampai jam 1 malam lembur supaya tempat pelaksanaan Dompu Expo zero sampah," ungkapnya.

Dikatakannya armada truk-truk pengangkut sampah pun dikerahkan pada setiap malam bahkan dilanjutkan pagi hari supaya lokasi Dompu Expo benar-benar bersih dari sampah.


"Prinsipinya jangan sampai ada sampah tertinggal di pagi hari. Betul-betul zero.  Pasukan saya tetap standby melakukan pembersihan," jelasnya.

Lokasi Dompu Expo usai dibersihkan oleh petugas DLH

Lebih lanjut Jufri menegaskan memastikan kondisi zero sampah bukanlah ending dari permasalahan kebersihan. Tetapi yang paling penting yakni menggugah kesadaran masyarakat (pengunjung) untuk membuang sampah sisa-sisa bungkusan makanan atau minuman ke tempat yang telah disiapkan.

"Endingnya yang terpenting adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di tempat yang sudah disiapkan," kata Jufri.

Disebutnya ada 20 tempat sampah yang disiapkan DLH bersama Pemerintah Kelurahan Karijawa di lokasi pelaksanaan Dompu Expo.

"Menjaga kebersihan adalah tanggung jawab bersama," ujarnya.



Lokasi Dompu Expo sebelum dibersihkan (atas), saat dibersihkan (tengah) dan sesudah dibersihkan (bawah) 


Kerja keras dari DLH mengatasi persoalan sampah diapresiasi banyak pihak. Antara lain dari Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, H. Gaziamansyuri. Di grup WAG Lakeynews, birokrat senior tersebut mengirim 3 foto pada lokasi yang sama sebelum pembersihan sampah, saat proses pembersihan dan sesudah pembersihan sembari menulis kalimat singkat DLH Top disertai emoji tanda jempol.

Apresiasi juga disampaikan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu Zainal Afrodi. Disebutnya selaku panitia, pihaknya tetap melakukan pemantauan dan menyaksikan sendiri petugas DLH melakukan pembersihan lokasi mulai dari malam hari bahkan hingga pagi hari.

Pemerhati sosial politik, Suherman juga mengapresiasi kesigapan petugas DLH dalam membesihkan persampahan di lokasi Dompu Expo usai acara malam berpangsung.

"Biasanya memang sampah di mana-mana saat acara berlangsung. Tapi setelah acara selesai, semua orang agak sepi. Sampah itu langsung dibersihkan oleh DLH. Itu saya saksikan langsung karena saya biasanya yang paling telat pulang," akunya.

Menurut Suherman, kesadaran masyarakat terhadap kebersiham sangat minim.

"Meski sudah disiapkan beberapa tempat sampah, masyarakat tetap saja (membuang sampah sembarangan). Itu soal kesadaran yang masih rendah. 
Tapi di sisi lain, teman-teman petugas DLH patut diapresiasi," akunya.

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Dompu, Ida Faridah juga mengemukakan 
kesadaran masyarakat untuk budaya positif membuang sampah pada tempatnya sangat rendah. Padahal hampir setiap stand disiapkan tempat sampah.

"Saya sangat mengapresiasi kerja keras petugas kebersihan dari malam sampai pagi membersihkan sampah sehingga setiap hari kembali bersih terus," pungkasnya. (emo).