Penyerahan Alat Kerja, Pertanda Dimulainya Program TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu

Kategori Berita

.

Penyerahan Alat Kerja, Pertanda Dimulainya Program TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu

Koran lensa pos
Jumat, 10 Mei 2024
Bupati Dompu, Kader Jaelani menyerahkan secara simbolis alat kerja kepada anggota TNI, POLRI dan tokoh pemuda dalam Upacara Pembukaan TMMD ke-120 yang berlangsung di Lapangan Bola Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Rabu pagi (8/5/2024)


Dompu, koranlensapos.com - Penyerahan alat kerja menandai dimulainya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-120 di Kabupaten Dompu. 

Kegiatan itu dihelat dalam Upacara Pembukaan TMMD yang berlangsung di Lapangan Bola Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu pada Rabu pagi (8/5/2024).

Penyerahan alat kerja secara simbolis dilakukan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani selaku Inspektur Upacara kepada 3 personel. Sekop diserahkan kepada Serka Amiruddin (Anggota Koramil 1614-01/Dompu sekaligus Babinsa Kelurahan Bali). Cangkul diserahkan kepada Bripka Irfan Setiawan (Anggota Polsek Woja sekaligus Bhabinkamtibmas Desa Serakapi). Sedangkan semen diserahterimakan kepada Junaidin, salah satu tokoh muda Desa Serakapi. Hal itu menjadi simbol sinergisitas Pemerintah Daerah, TNI, POLRI dan masyarakat dalam pelaksanaan program TMMD ke-120 di daerah bermotto Nggahi Rawi Pahu tersebut.

Program TMMD ke-120 tahun 2024 ini secara serentak dilaksanakan pada 50 daerah di Indonesia dengan mengangkat tema "Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah".

"TMMD ke-120 ini di NTB hanya ada di Kabupaten Dompu," sebut Kasrem 162/WB, Kolonel Inf. Susanto Lastua Manurung yang menghadiri langsung Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Lapangan Bola Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu pada Rabu pagi (8/5/2024).

Program TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu dilaksanakan pada 2 desa di Kecamatan Woja yakni Desa Serakapi dan Madaprama.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan Penandatanganan Naskah Serah Terima Program Kegiatan TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu. Penandatanganan dilakukan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani  selaku Kepala Daerah sebagai Pihak Kesatu dan Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati selaku Dan Satgas TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu sebagai Pihak Kedua.

"Pihak Kesatu menyerahkan pelaksanaan program TMMD ke-120 di Desa Serakapi dan Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu Tahun Anggaran 2024 kepada Pihak Kedua," demikian bunyi poin ketiga dari naskah tersebut.

Adapun kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan yakni pembuatan jalan dengan panjang 1.800 meter dan lebar 5 meter, pembuatan gorong-gorong plat dengan panjang 5 meter dan lebar 1 meter, rehab musholla ukuran 7x7 meter, dan pembuatan jembatan berukuran 2x3 meter.

Selain itu, akan dilaksanakan pula sejumlah kegiatan non fisik. Antara lain Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Penggunaan Digital Manajemen Kewirausahaan, Penyuluhan Kehutanan, Penyuluhan KB Kesehatan, Penyuluhan Posyandu, Stunting dan Posbindu, Penyuluhan Radikalisme dan Terorisme, Penyuluhan Lingkungan Hidup serta Penyuluhan Rekrutmen TNI-AD.

Ada pula sasaran tambahan, yakni Pembuatan WC 12 unit di Desa Madaprama, pembuatan 3 unit tempat sampah di Desa Serakapi, kegiatan kali bersih di Kelurahan Bali Satu, dan penanaman 8.000 bibit pohon di Desa Madaprama.

Program TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu ini akan beelangsung selama 1 (satu) bulan, dimulai 8 Mei dan berakhir 6 Juni 2024. (emo).