Kasrem 162/WB Berharap TMMD ke - 120 Makin Tingkatkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Kategori Berita

.

Kasrem 162/WB Berharap TMMD ke - 120 Makin Tingkatkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Koran lensa pos
Kamis, 09 Mei 2024
Kasrem 162/WB, Kolonel Inf. Susanto Lastua Manurung (tengah) bersama Bupati Dompu, Kader Jaelani dan Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati di Lapangan Bola Desa Serakapi, tempat pelaksanaan Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu, Rabu (8/5/2024)


Dompu, koranlensapos.com - Kepala Staf Korem 162/WB, Kolonel Inf. Susanto Lastua Manurung mewakili Danrem 162/WB, Brigjen Agus Bhakti menghadiri Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di Lapangan Bola Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Rabu (8/5/2024).

Kasrem juga menyempatkan untuk meninjau lokasi yang akan menjadi sasaran program TMMD ke - 120 yakni di lokasi So Nggaro Dore Desa Serakapi Kecamatan Woja. Peninjauan dilakukan bersama Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati dan Kasdim Mayor Inf. I Wayan Sulendra dan sejumlah Perwira Staf Kodim 1614/Dompu serta para Danramil.

Dalam keterangan pers usai pelaksanaan upacara, Kasrem menjelaskan pelaksanaan TMMD utamanya untuk membantu masyarakat.

"Karena sesuai amanat Undang - Undang yaitu pemberdayaan di wilayah teritorial," jelas Perwira Menengah TNI-AD yang pernah menjabat sebagai Aster Kasdam I/Bukit Barisan itu.

Kasrem kemudian menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu yang telah mengalokasikan anggaran sebesar satu miliar rupiah untuk membiayai pelaksanaan TMMD ke -120 di Kabupaten Dompu tahun 2024 ini.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang diberikan oleh Pemerintah Daerah dengan segala keterbatasan. Dan kami juga mengharapkan di kemudian hari ada lagi desa-desa yang menjadi sasaran TMMD sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu dengan kehadiran kita," ucapnya.

Kasrem berharap TMMD ini makin meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Diharapkan dengan adanya TMMD ini semakin meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Juga meningkatkan sinergisitas antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan masyarakat," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Dompu, Kader Jaelani mengemukakan program fisik TMMD ke - 120 di Desa Serakapi dan Madaprama Kecamatan Woja ini salah satunya pembuatan beberapa ruas jalan ekonomi. Hal itu dilakukan dengan melihat kebutuhan dan kepentingan masyarakat untuk kelancaran akses ekonomi terutama dalam komoditas unggulan jagung yang masuk dalam program JARA PASAKA (Jagung Porang Padi Sapi dan Ikan).

"Pembuatan jalan ekonomi ini sangat dibutuhkan sebagai akses untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Karena masyarakat di dua desa ini sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur jalan ekonomi ke lahan pertanian," ujarnya.

Diungkapkan Bupati, sebenarnya banyak desa yang juga membutuhkan pembuatan jalan ekonomi, tetapi karena keterbatasan yang ada sehingga dalam program.TMMD ini hanya dua desa saja yang bisa diakomodir.

"Anggaran yang disiapkan satu miliar. Maunya sih sebanyak mungkin karena TMMD ini luar biasa dengan dana kecil bisa menghasilkan program besar karena adanya sinergisitas antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat," paparnya.

AKJ mengharapkan kepada masyarakat Desa Serakapi dan Madaprama yang menjadi sasaran TMMD agar membantu semaksimal mungkin sehingga hasil yang didapatkan bisa optimal dan kepentingan masyarakat bisa terwujud.

Memungkasi keterangannya, Bupati Kadee Jaelani kembali menyatakan komitmennya di dalam mendukung TNI dalam pelaksanaan TMMD ke - 120 di Desa Serakapi dan Desa Madaprama tersebut.

"Pemda sangat sangat sangat sangat mendukung," ucapnya yang disambut gembira oleh Kasrem 162/WB dengan ucapan terima kasih. 

Untuk diketahui, sasaran pembangunan fisik dalam program TMMD ke - 120 di Kabupaten Dompu yakni pembukaan jalan ekonomi 5 x 1.800 meter di Desa Serakapi, pembuatan 1 unit gorong-gorong plat sepanjang 5 meter di Desa Serakapi, Rehab Musalla As-Salam di Desa Madaprama dan pembuatan jembatan 3x3 meter di Desa Madaprama.

Selain itu, akan dilakukan pula sejumlah kegiatan non fisik. Antara lain Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Penggunaan Digital Manajemen Kewirausahaan, Penyuluhan Kehutanan, Penyuluhan KB Kesehatan, Penyuluhan Posyandu, Stunting dan Posbindu, Penyuluhan Radikalisme dan Terorisme, Penyuluhan Lingkungan Hidup serta Penyuluhan Rekrutmen TNI-AD.

Adapula sasaran tambahan, yakni Pembuatan WC 12 unit di Desa Madaprama, pembuatan 3 unit tempat sampah di Desa Serakapi, kegiatan kali bersih di Kelurahan Bali Satu, dan penanaman 8.000 bibit pohon di Desa Madaprama. (emo).