Dansatgas Rutin Pantau Progres TMMD Sekaligus Semangati Anggota

Kategori Berita

.

Dansatgas Rutin Pantau Progres TMMD Sekaligus Semangati Anggota

Koran lensa pos
Senin, 20 Mei 2024
Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M kerap turun langsung memantau progres TMMD ke-120 di desa sasaran yakni Serakapi dan Madaprama



Dompu, koranlensapos.com - Komandan Kodim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M rutin melakukan pemantauan langsung dalam pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di Kabupaten Dompu. 

Selaku Dansatgas, Dandim harus mengetahui secara langsung pelaksanaan dan progres pembangunan fisik maupun non fisik yang menjadi program utama maupun tambahan dalam TMMD ke-120 tahun 2024 ini.

Selain itu, kunjungan langsung itu dilakukan Dansatgas guna memberikan dukungan moril dan semangat kepada anggota dan masyarakat yang sedang bekerja.

Program TNI Manunggal Membangun Desa merupakan program terpadu antara TNI, Pemerintah Daerah serta Masyarakat, yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan Daerah.

Dansatgas memberikan arahan sekaligus menyemangati anggota yang sedang bekerja


Program yang dulu bernama ABRI Masuk Desa (AMD) merupakan salah satu wujud bakti TNI kepada maayarakat.  Kriteria sasaran berupa daerah yang miskin, tertinggal, terisolir,  daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan dan pulau terluar, serta daerah terkena bencana alam.

TMMD ke-120 tahun 2024 adalah terpadu lintas sektoral bersama Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat ini sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah serta merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan Pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

Sejak hadirnya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas, karena program TMMD ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang bersinergi dengan program-program Pemerintah baik pusat maupun daerah, terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan. Hal ini tentunya merupakan sebagai basis penguatan kesadaran bersama dalam menghadapi pergeseran arah kebijakan pembangunan pada era reformasi dan otonomi daerah dengan mengedepankan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan.

Program TMMD ke 120 ta 2024 Kodim 1614/Dompu yakni Pembuatan tempat sampah, MCK, jembatan ekonomi, rehab musholla dan pembukaan jalan ekonomi di Desa Serakapi dan Madaprama Kecamatan Woja.

Kegiatan Program TMMD hinga hari ini masuk hari ke 12 semenjak resmi dibuka oleh Bapak Bupati Dompu H Abdul Keder Zaelani pada Rabu, 8 Mei 2024 lalu. 

"Semoga program ini cepat terselesaikan tetap waktu agar warga setempat dapat menikmati pemanfaatannya," harap Dansatgas. (Pendim1614).