Baznas Dompu Salurkan Bantuan Uang Tunai dan Beras serta Pembinaan kepada 155 Asnaf Mualaf

Kategori Berita

.

Baznas Dompu Salurkan Bantuan Uang Tunai dan Beras serta Pembinaan kepada 155 Asnaf Mualaf

Koran lensa pos
Kamis, 16 Mei 2024

Kegiatan pembinaan bagi 155 asnaf muallaf di Masjid Raya Baiturrahman Dompu yang diselenggarakan oleh Baznas Kabupaten Dompu, Kamis (16/5/2024)

Dompu, koranlendapos.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dompu menyalurkan bantuan uang tunai kepada ratusan Asnaf Mualaf, Kamis (16/5/2024).

"Ada sekitar 155 asnaf mualaf baru dan lama yang kami undang untuk diberikan bantuan zakat dalam bentuk uang tunai dan beras dengan rincian masing-masing asnaf mualaf mendapatkan bantuan berupa uang sebesar Rp. 320.000 (tiga ratus dua puluh ribu rupiah) dan beras sebanyak 20 Kilogram," kata Ketua Baznas Kabupaten Dompu, Drs. Dahlan HAR di AULA lantai II Masjid Agung Baiturrahman, Dompu.

Ketua Baznas menerangkan, pemberdayaan mualaf merupakan salah satu prioritas utama dalam pengelolaan zakat.
Pasalnya, mualaf adalah salah satu dari delapan asnaf zakat yang berhak mendapatkan 12,5 % dari penerimaan zakat selain dari asnaf Fakir, Miskin, Amil Zakat, Riqab, Gharimin, Fisabilillah dan Ibnu Sabil senagaimana keterangan surat At-Taubah ayat 60 "Sesungguhnya sedekah-sedekah (zakat) itu hanyalah untuk orang-orang fakir, dan orang-orang miskin, dan amil-amil yang mengurusnya, dan orang-orang mualaf yang dijinakkan hatinya, dan untuk hamba-hamba yang hendak memerdekakan dirinya, dan orang-orang yang berhutang, dan untuk (dibelanjakan pada) jalan Allah, dan orang-orang musafir (yang keputusan) dalam perjalanan. (Ketetapan hukum yang demikian itu ialah) sebagai satu ketetapan (yang datangnya) dari Allah. dan (ingatlah) Allah Maha Mengetahui, lagi Maha Bijaksana".

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala KEMENAG Kabupaten  Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si serta perwakilan dari KESRA Setda Dompu H. Usman, S.E. 

Ketua Baznas Kabupaten Dompu menerangkan bahwa pertolongan bagi mualaf bertujuan untuk menguatkan keimanan mereka. Dalam agama Islam, seorang muallaf juga diberi keistimewaan seperti diberi perlindungan agar meringankan kehidupan. 

Ia berharap melalui kesadaran akan pentingnya peran mualaf dalam masyarakat, serta upaya pemberdayaan dan pendampingan yang berkesinambungan, diharapkan program ini dapat terus memberikan dampak positif bagi kemajuan umat dan peradaban secara keseluruhan.
(mf).