Dandim 1614/Dompu Diwakili Pasi Intel Hadiri Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu Diwakili Pasi Intel Hadiri Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak

Koran lensa pos
Jumat, 05 April 2024
Kegiatan sosialisasi tahapan Pilkada yang digelar KPU Kabupaten Dompu di Kafe Laberka, Kamis (4/4/2024)



Dompu, koranlensapos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu menggelar 
Sosialisasi Tahapan Pilkada serentak dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2024. Kegiatan itu berlangsung di Kafe Laberka Sawete Kelurahan Bali Satu Dompu, Kamis (4/4/2024).


Acara sosialisasi tahapan Pilkada itu dihadiri Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Dandim 1614/Dompu diwakili Pasi Intel Kapten Inf. Adisan, 
Kapolres Dompu diwakili Kabag Ops AKP Syamsurizal, Ketua pengadilan Negeri Dompu I Ketut Darmawan, SH, Ketua KPU Kabupaten Dompu Arif Rahman SH bersama 4 komisioner dan Sekretaris Lahmudin, SE, Anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, para Camat se-Kabupaten Dompu, Pengurus Parpol, LSM serta awak media.

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Arif Rahman saat membuka kegiatan itu menyampaikan  tahapan Pilkada telah dilaunching secara nasional pada hari Senin, 1 April 2024 yang menandai dimulainya tahapan Pilkada 2024.

Arif menyebut saat ini pihaknya 
sedang melakukan evaluasi penetapan TPS karena mempertimbangkan perubahan kondisi.

"Itulah kenapa kami harus melaksanakan sosialisasi tahapan Pemilu ini," jelas mantan Ketua Panwaslu  Kabupaten Dompu (sebelum diganti menjadi Bawaslu) ini.

Arif kemudian berharap terhadap teman teman Media maupun LSM untuk bekerja sama dan membangun komunikasi yang baik dalam mewujudkan Pilkada Kabupaten Dompu yang aman, damai, berintegritas dan bermartabat.

"Kami juga tetap menjaga integritas sebagai penyelenggara Pemilu. Karena itu kami meminta jangan pernah meragukan kinerja kami," tandasnya.

Bupati Kader Jaelani dalam sambutannya menegaskan tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting karena diselenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama yaitu Pilpres dan Wakil Presiden, Pileg dilanjutkan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota.

"Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting dan ini bukan pekerjaan yang mudah dan ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa, negara dengan melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar," ucapnya.

AKJ meyakinkan pengalaman yang dimiliki dalam penyelenggaraan pemilu-pemilu sebelumnya, menjadi bekal yang cukup untuk mempersiapkan pemilu 2024 jauh lebih baik dibanding pemilu-pemilu sebelumnya. 

Lebih lanjut AKJ mengemukakan kesuuksesan penyelenggaraan pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu saja yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) saja. 

"Kesuksesan Pemilu menjadi tanggung jawab bersama termasuk pemerintah dan juga masyarakat," jelasnya.

Bupati mengatakan salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Dompu dalam penyelenggaraan Pemilu yakni telah dibentuk Tim Desk Pemilihan Umum Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden Smserta Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2023-2024. 

"Urgensi pembentukan Desk Pemilu yaitu membantu kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggaraan pemilu. Bantuan dan fasilitas yang diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," terangnya.

Dikemukakan Bupati, sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang menghambat proses tahapan pemilu serentak tahun 2024 dan menjadikan pemilu serentak Tahun 2024 berdasarkan asas langsung umum bebas rahasia jujur dan adil serta menekan, mengurangi dan mencegah terjadinya pelanggaran, maka selaku kepala daerah, Bupati mendorong secara aktif agar tahapan pemilu baik itu Pileg,  Pilpres yang telah berlangsung  dapat mencerminkan bahwa Kabupaten Dompu betul betul siap melaksanakan pemilu 2024.

Usai.pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Dompu Yusuf, SH. 

Pada sesi diskusi, beberapa informasi, masukan dan saran terkait penyelenggaraan Pemilu disampaikan sejumlah pejabat. Antara lain Camat Woja Edison, SH, Pasi Intel Kapten Inf. Adisan, Plt. Kepala Bakesbangpol Ardiansyah, SE, Kabag Ops Polres Dompu AKP Syamsurizal, S. Sos, Kepala Dinas Kesehatan Maman, MM. Kes, Sekdishub Suherman, S. Pt dan perwakilan dari Dinas Dukcapil Kabupaten Dompu.

Acara dipungkasi dengan  pendatanganan dan penyerahan berita acara dari KPU Dompu kepada masing masing perwakilan Partai politik diawali dengan Partai PKB. (*).