PT. STM Gelar Baksos Operasi Katarak dan Pemeriksaan Mata, Pendaftar Lampaui Target

Kategori Berita

.

PT. STM Gelar Baksos Operasi Katarak dan Pemeriksaan Mata, Pendaftar Lampaui Target

Koran lensa pos
Kamis, 21 Desember 2023
Kegiatan Baksos pemeriksaan mata dan operasi katarak yang digelar oleh PT. STM di Lapangan Beringin Pemda Dompu, Kamis (21/12/2023). Kegiatan ini akan berlangsung hingga besok Jumat (22/12/2023)


Dompu, koranlensapos.com - PT. Sumbawa Timur Mining (STM) menggelar Bakti Sosial berupa operasi katarak, pemeriksaan mata dan pemberian kacamata.

Kegiatan itu bekerja sama JFF (John Fawcett Foundation) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu. 

Manager Humas PT. STM, Ulya Defrettes usai mengikuti Upacara Peringatan HUT NTB ke 65 di Lapangan Beringin Pemda Dompu, Kamis (21/12/2023) menyebutkan Baksos dilaksanakan pada dua tempat, yakni di Lapangan Bola Desa Sawe Kecamatan Hu'u tanggal 18 dan 19 Desember 2023 dan di Lapangan Beringin Pemda Dompu pada tanggal 21 dan 22 Desember 2023. Tanggal 20 Desember 2023 juga dilakukan pemeriksaan mata khusus untuk pelajar di 4 sekolah di Kecamatan Hu'u dan Kecamatan Dompu. Di Kecamatan Hu'u 3 sekolah dipusatkan di SMP 1 Hu'u. Sedangkan di Kecamatan Dompu di SMAN 1 Dompu.

"Pemeriksaan mata di Sawe diikuti 1.700-an pasien. Yang dioperasi katarak 65 orang," sebut Ulya.

Dikatakannya pemeriksaan mata dan operasi katarak di Lapangan Beringin Dompu kemungkinan akan beberapa kali lipat lebih banyak dibandingkan di Kecamatan Hu'u.

"Karena yang telah mendaftar saja sudah mencapai 500 lebih. Masih banyak yang belum daftar," ucapnya.

Ulya mengemukakan Baksos ini diselenggarakan dalam rangka HUT NTB ke 65 untuk membantu masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan agar dapat berfungsi dengan baik.

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada PT. STM yang telah menggelar kegiatan Baksos operasi katarak, pemeriksaan mata dan pemberian kacamata.

"Bakti sosial ini sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan," ucapnya seraya menyampaikan apresiasi.


Principal Commumication PT. STM, Cindy Elsa yang dikonfirmasi awak media menerangkan pasien yang akan melaksanakan pemeriksaan mata maupun operasi katarak diprediksi akan melampaui target.

"Ditargetkan 500 pasien yang diperiksa dan katarak 50 orang sesuai dengan kemampuan tenaga medis," ujarnya sembari menyebut jumlah tenaga medis keseluruhan 25 orang dengan dua dokter spesialis mata. Para tenaga medis didatangkan dari Bali. (emo).