Disnakeswan Dompu dan CESFARMS UNRAM Laksanakan Bimtek Teknologi Pengolahan Pakan Ternak

Kategori Berita

.

Disnakeswan Dompu dan CESFARMS UNRAM Laksanakan Bimtek Teknologi Pengolahan Pakan Ternak

Koran lensa pos
Selasa, 21 November 2023
Bimtek Teknologi Pengolahan Pakan Ternak kerja sama Disnakeswan Dompu dan Cesfarms Unram, Senin (20/11/2023)



Dompu, koranlensapos.com -
Dinas Peternakan dan Kesehatan Kabupaten Dompu bermitra dengan Center For Sustainable Farms System ( CeSFARMS) Universitas Mataram melakukan Bimbingan Teknis atau Training of Trainer (ToT) Teknologi Pengolahan Pakan Ternak.

Kegiatan ini digelar sehari yakni Senin (20/11/2023) di lokasi Bank Pakan Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.

Bimtek diikuti oleh perwakilan masing - masing UPTD Peternakan di masing-masing kecamatan se-Kabupaten Dompu dengan jumlah peserta 70 orang.



Adapun sebagai narasumber yakni Prof. Ir. Yusuf Ahyar Sutaryono, Ph. D dan Dr. Dedy dari Unram. 

"Kegiatan Bintek ini sebagai langkah nyata Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu dalam upaya pemanfaatan limbah pertanian yang melimpah  dengan sistem silase dan fermentasi," ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, SE., MM saat membuka kegiatan tersebut.

Dikemukakan Abduh, hasil monitoring di tingkat lapangan bahwa banyak sekali limbah - limbah pertanian yang berserakan dan belum dimanfaatkan untuk diolah sebagai pakan ternak.

"Tentunya kita harus membuat suatu gebrakan dalam upaya pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak yang berkualitas, sehingga keterbatasan pakan pada musim kemarau dapat diatasi," jelasnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, SE., MM


Abduh menerangkan salah satu gebrakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekurangan pakan ternak di musim kemarau adalah dengan memanfaatkan ribuan ton limbah pertanian dengan sistem silase dan fermentasi.

"Sehingga kegiatan ToT ini menjadi begitu penting untuk melatih para petugas agar dapat membuat silase dengan baik dan sangat diharapkan bisa menyebarluaskan pengetahuan yang diperoleh hari ini kepada masyarakat, terutama petani ternak," paparnya.

Abduh menegaskan tujuan dari kegiatan Bimtek dimaksud adalah untuk meningkatkan SDM bagi petugas yang ada di seluruh UPTD Kecamatan se-Kabupaten Dompu agar memiliki kemampuan  memberikan bimbingan dan edukasi kepada masyarakat peternak. 

Kadis menjelaskan CeSFARMS Unram merupakan salah satu lembaga yang sudah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, yakni sebagai lembaga pembina program unggulan JARAPASAKA (Jagung Porang Padi Sapi dan Ikan). (emo).