Parah, Gunung di Dompu Hangus

Kategori Berita

.

Parah, Gunung di Dompu Hangus

Koran lensa pos
Kamis, 28 September 2023
Pembakaran hutan di kawasan sekitar Teka Ndahu. Salah satu gunung terlihat hangus 


Dompu, koranlensapos.com - Kerusakan hutan di Kabupaten Dompu bukan hanya sebatas pepohonan ditebang menggunakan kapak, parang atau mesin chainsaw. Tetapi lebih dari itu. Gunung-gunung terlihat hangus karena dibakar oleh tangan-tangan jahil yang hanya memikirkan kepentingan sesaat.

Contohnya seperti beberapa gunung di sekitar kawasan Teka Ndahu di Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu. Kondisinya sungguh memprihatinkan karena telah menghitam karena gosong dibakar. Entah siapa pelakunya.

"Sungguh memprihatinkan gunung-gunung kita ini telah gosong karena ingin ditanami jagung," kata seorang warga yang melintas menggunakan sepeda motor.

Warga itu mengaku heran karena tidak jauh dari lokasi gunung yang hangus itu ada kantor Resort KPH.

"Ke mana petugas di kantor ini ? Kenapa tidak ditangkap saja orang-orang yang membakar gunung-gunung itu," ujarnya keheranan.

Warga tersebut juga menyaksikan bukan hanya gunung-gunung di sekitar kawasan Teka Ndahu yang hangus. Namun di puncak pegunungan di sebelah timur Desa Sawe dan Desa Rasabou Kecamatan Hu'u pun mengalami nasib yang sama. 

"Belum lagi di Teka Sire, di Riwo, di Saneo, di Kempo, di Kilo, di Dompu Timur juga nasibnya sama. Habislah hutan kita kalau dibiarkan seperti ini terus. Tinggal tunggu kehancuran saja. Krisis air kita rasakan sendiri. Cuaca panas sekali. Yang kita khawatirkan lagi datang banjir di musim hujan nanti. Tidak ada lagi pohon-pohon penahan," kata warga itu dengan nada sedih. (emo).