Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu Gelar Semiloka Bahas Solusi Penanganan Air Bersih

Kategori Berita

.

Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu Gelar Semiloka Bahas Solusi Penanganan Air Bersih

Koran lensa pos
Rabu, 02 Agustus 2023
Semiloka penanganan air bersih yang digelar oleh Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Selasa (1/8/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Penanganan air bersih menjadi program super prioritas Pemerintah Kabupaten Dompu di masa kepemimpinan Bupati H. Kader Jaelani dan Wabup H. Syahrul Parsan.(AKJ-SYAH).

Hingga kini pelayanan air bersih yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Dompu masih menjadi pertanyaan publik yang terus mengemuka dan diberitakan oleh sejumlah media.

Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) menggelar Semiloka. 

Tema yang diangkat "Meniti Solusi Merajut Langkah Konkret, Air Bersih untuk Dompu Mashur".

Semiloka itu dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu pada hari Selasa (1/8/2023). 

Acara yang berlangsung sekitar 3 jam itu dihadiri Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Dompu Muttakun, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Muhammad,  Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aris Ansyari, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman H. Rusdin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jufri M. Saleh, Inspektur Inspektorat Khaeruddin, Staf Ahli Bupati Dompu Arifuddin, Kabag Ekonomi dan SDM Setda Dompu Soekarno, Ketua Umum MUI KH. Mokh. Nasuhi serta para pejabat terkait dan awak media.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, H. Gasiamansyuri yang memimpin langsung kegiatan memaparkan bahwa pelayanan air bersih oleh PDAM Kabupaten Dompu masih terus dikeluhkan oleh masyarakat baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. 


"Oleh sebab itu kami menggelar semiloka ini dengan harapan agar para pihak yang kami undang ini dapat memahami secara utuh kondisi penanganan PDAM di Kabupaten Dompu," ujarnya.

Birokrat senior ini mengemukakan pertemuan tersebut untuk membahas mulai dari regulasi yang mengatur tentang penanganan air bersih, perencanaan, rencana penganggaran, pelaksanaan hingga solusi penanganannya.

"Kita ketahui bersama bahwa pembangunan infrastruktur air bersih ini juga telah menjadi program prioritas Pemerintah.AKJ-SYAH dalam RPJMD tahun 2021-2026," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Gatot Gunawan PP menyampaikan bahwa Pemda Dompu di bawah Kepemimpinan AKJ-SYAH serius mengatasi persoalan air bersih ini. Adapun Kepala BPKAD mengemukakan dari sisi kesiapan anggaran Pemda Dompu dalam memperbaiki pelayanan air bersih. 

Sedangkan Kepala Dinas PUPR mengangkat upaya-upaya yang telah, sedang dan akan dilakukan Pemda Dompu dalam mengatasi 'penyakit akut' yang sedang diidap oleh PDAM Kabupaten Dompu dari sisi perbaikan infrastruktur perpipaan dan solusi lainnya. Kepala.Dinas Perkim H. Rusdin juga mengemukakan solusi mengatasi persoalan internal di PDAM Dompu. 

Sementara Kadis LH juga mengungkap penyebab terjadinya krisis air bersih di daerah bermotto Nggahi Rawi Pahu itu serta langkah penanganangannya. Ketua Umum MUI Kabupaten Dompu KH. Mokh. Nasuhi mengupasnya dari sisi religiusitas tentang pahala jariyah bagi pelayanan air bagi masyarakat. Para awak media juga melihat dari berbagai aspek tentang pelayanan air bersih yang masih menjadi sorotan masyarakat serta solusi-solusi jangka panjang dan jangka pendek yang dapat dilakukan. Tidak terkecuali Inspektur Inspektorat,  Ketua Komisi I DPRD, Ahli Kesehatan Lingkungan, Kabid Fisik dan Prasarana juga memberikan usul, saran dan solusi seputar penanganan air bersih di Kabupaten Dompu.

Di sesi pemungkas, Sekda Dompu Gatot Gunawan menyampaikan clossing statemen mewakili Pemda Dompu untuk menemukan solusi mengatasi persoalan air bersih. Demikian pula Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Dompu, Muttakun menyampaikan sejumlah usul dan saran yang konstruktif. Acara diakhiri dengan pembacaan rekomendasi hasil keputusan semiloka tersebut oleh Kepala.Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, H. Gaziamansyuri.

Namun dengan mempertimbangkan berbagai aspek, maka Redaksi koranlensapos.com akan mengulas kegiatan semiloka tersebut pada beberapa edisi. (Bersambung).