Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Babinsa Kadindi Hadiri Acara Nyongkolan

Kategori Berita

.

Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Babinsa Kadindi Hadiri Acara Nyongkolan

Koran lensa pos
Senin, 10 Juli 2023

 

Acara nyongkolan pengantaran rombongan mempelai pria ke rumah mempelai wanita di Desa Kadindi, Minggu (9/7/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Kemanunggalan TNI dan masyarakat memang tidak bisa dipungkiri. TNI tetap bersama rakyat kapan, di mana pun dan dalam keadanaan bagaimana pun. Dalam berbagai kegiatan di tengah masyarakat, TNI selalu hadir bersama menyukseskan pelaksanaan kegiatan itu.

Sebagaimana dilakukan Babinsa Desa Kadindi, Koptu Irwan pada hari Minggu (9/7/2023). Mulai pukul 08.30 Wita, Babinsa telah hadir di acara nyongkolan. Nyongkolan merupakan adat istiadat masyarakat Suku Sasak (Lombok). Yaitu arak-arakan pengantaran pengantin pria ke kediaman calon mempelai wanita. Araka-arakan ini dimeriahkan dan dihibur dengan irama musik gendang beleq. Meski telah lama berdomisili di Kabupaten Dompu, masyarakat Sasak tetap melestarikan budaya ini hingga saat ini.

Babinsa kerap menghadiri kegiatan semacam ini untuk memberikan rasa aman bagi warga binaannya. Tidak terkecuali melakukan pengamanan arus lalu lintas bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas. Apalagi acara nyongkolan ini melibatkan banyak orang, sehingga sangat membutuhkan pengamanan guna mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Pada kegiatan tersebut Babinsa mengimbau agar menjaga hubungan silaturahmi antara sesama tetangga, sehingga tercipta suasana yang kondusif. (emo).